Header Ads

Blok Exxon Mobil Diambil Alih Pertamina, Arun Blang Lancang Dikelola PT Perta Arun Gas

acehbaru.com | Jakarta - PT Pertamina (Persero) resmi menjadi operator di Blok B dan Blok North Sumatra Offshore (NSO) yang semula milik Exxonmobil Indonesia. Hak penyertaan sebesar 100 persen di kedua blok tersebut akan dipegang penuh oleh PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang merupakan anak usaha dari perusahaan pelat merah migas tersebut.

“Per hari ini kami menjadi operator penuh di Blok B dan NSO, seluruh proses negosiasi sudah selesai dan segera masuk masa transisi,” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro, Kamis, 1 Oktober 2015.

Selain dua blok tersebut, Pertamina juga membeli saham Exxonmobil sebesar 30 persen di PT Arun Natural Gas Liquefaction (NGL). Dengan pembelian saham tersebut, Pertamina menjadi pemegang saham terbesar di Arun NGL dengan komposisi sebesar 85 persen, sisanya dimiliki konsorsium Japan – Indonesia LNG Company (JILCO).

“Untuk di Arun yang akan menjadi operator adalah anak usaha kami PT Perta Arun Gas,” kata Wianda.

Mengenai masa transisi, Wianda mengatakan para pekerja diberikan opsi untuk bergabung bersama Pertamina. Dari opsi tersebut 90 persen pekerja menyatakan kesediaannya untuk bekerja dengan Pertamina. Pekan depan, Pertamina dan Exxonmobil akan menggelar rapat untuk bertemu dengan Pemerintah Aceh dan menyampaikan masalah pergantian operator ini.

Juru bicara Exxonmobil Indonesia Erwin Maryoto menambahkan pihaknya terus bekerja sama dengan Pertamina untuk meminimalkan dampak dan memastikan transisi berjalan lancar. “Exxonmobil tetap berkomitmen pada Indonesia,” kata Erwin.(i/Tempo.co)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.