Header Ads

10 Gereja Tanpa Izin Di Bongkar

acehbaru.com | Aceh Singkil – Setelah desakan yang sekian lama untuk penertiban atau pembongkaran Gereja tanpa Izin yang menjamur di Aceh Singkil hingga terjadi pembakaran satu Gereja yang berakhir aksi massa pada, Selasa, 13 Oktober 2015. Akhirnya Forum Kordinasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) Kabupaten Aceh Singkil memutuskan akan melakukan pembongkaran 10 Gereja yang tidak memiliki izin mulai hari ini. Senin, 19 Oktober 2015

“Iya benar, ada 10 yang akan ditertibkan, itu keputusan Forkompimda Aceh Singkil, besok akan dimulai,” kata Wakil Bupati Aceh Singkil Dalmursyid, sebagaimana dikutip Tempo, Ahad 18 Oktober 2015.

Desakan pembongkaran Gereja ilegal alias tak memiliki izin sudah berlangsung lama, itu terjadi setelah perjanjian antar ummat beragama terjadi pada tahun 1979. Namun setelah itu akibat banyaknya Gereja atau Undung-Undung Kristen yang berkembang, dan hingga tahun 2015 tercatat ada 23 rumah ibadah Kristen baik yang berstatus Gereja maupun Undung-Undung yang tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten ulama besar Islam Abdur Rauf As Singkili itu.

Ekses dari aksi massa muslim yang membakar gereja HKI Desa Suka Makmur, Kecamatan Gunung Meriah, dan bentrokan yang terjadi di Desa Dangguran Kecamatan Simpang Kanan Selasa, 13 Oktober 2015 lalu, yang mengakibatkan 1 orang tewas dipihak muslim, dan 3 lainnya masih dalam perawatan membuat pemerintah harus mengambil sikap.

Akhirnya setelah negosiasi yang cukup panjang, antara para pihak baik Muslim dan Nasrani, akhirnya pemerintah memutuskan untuk membongkar 10 Gereja tanpa izin. (ira)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.