Header Ads

Pusong Lama Harus Menjadi Gampong BESTARI

Lhokseumawe- Gampong Pusong Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, kedepan harus menjadi gampong Bersih, Tertata dan Rapi (BESTARI). Tentunya, perlu adanya peran serta semua pihak untuk melahirkan program tersebut.

Koordinator P2KKP Kota Lhokseumawe, Siti Khadijah. ST, mengatakan, PNPM Mandiri Perkotaan saat ini sudah berakhir. Namun, sebagai transformasi lanjutan Program Peningkatan Kualitas Kawasan Pemukiman (P2KKP) tahun 2015-2019 akan mengiringi landasan pembangunan pada sektor 7 indikator kumuh.

“Penanganan kawasan pemukiman kumuh tidak cukup hanya dengan infrastrukturnya saja. Melainkan bagaimana perubahan paradiqma SDM dan sosialnya juga mendukung dalam pencapaian kawasan bebas kumuh dan mengantisipasi kumuh baru,”ucap Koordinator P2KKP Kota Lhokseumawe, Siti Khadijah. ST, kepada acehbaru.com, Rabu, 16 September 2015.

Kata dia, upaya yang sangat serius dalam penanganan ini, pemerintah menargetkan bahwa hingga tahun 2019 terlayaninya 100 persen akan kebutuhan air minum, 0 persen kekumuhan dan 100 persen terpenuhinya sanitasi yang layak sesuai standar pemerintah sendiri. Dengan tagline inilah yang mendasari bahwa proses yang mendukung segala aspek kebutuhan harus terpenuhi dan tercurah dalam sebuah profilnya gampong atau desa.

Namun sebagai tolak ukurnya, sambung dia, sebuah profil desa tidak terlepas dari kelengkapan data yang mengakomodir segala kebutuhan dan prioritas yang ada dimasyarakat maupun tatanan sebuah kawasan sesuai dengan arahan dan aturan yang berlaku. “Saat ini kegiatan yang berlangsung di Gampong Pusong Lama terkait dengan program P2KKP pada tahapan pemenuhan kelengkapan data sekaligus penyusunan baseline desa,”ungkapnya.

Menurut dia, pelaksanaan dalam penyusunan baseline 100_0_100 ini nantinya akan melahirkan output profil desa. Sementara geuchik setempat sangat mendukung terhadap program tersebut. Tentunya, dapat dilihat dengan adanya koordinasi yang baik bersama BKM P2KKP terutama dalam menindaklanjuti segala kebutuhan fasilitas dan referensi data desa.

Tahapan kegiatan ini, lanjut dia, dilakukan bukan dimulai dari dasar lagi melainkan memperkuat paradiqma yang sudah terbangun dari PNPM Mandiri Perkotaan dan sudah mengakar serta terinternalisasi di masyarakat.

Sehingga nantinya dapat menggerakkan berbagai pihak yang mendukung secara intensif untuk mengimplementasikan upaya kolaborasi antar sektor khususnya dalam penanganan kawasan kumuh di Gampong Pusong Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe. (mrz)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.