Header Ads

Pembunuh Munir Dilindungi Petinggi Negara Ini

acehbaru.com | Jakarta - udah 11 tahun kematian aktivis HAM, Munir Said Thalib berlalu. Namun, kematiannya masih menyisakan misteri. Mengingat dalang di balik kematian suami Suciwati itu belum terbongkar.

Direktur eksekutif Imparsial, Poengky Indarti mengatakan, lambatnya proses penyelidikan kematian Munir menandakan kalau tak ada niat baik dari pemerintah untuk mengungkap kasus tersebut. Padahal, berdasarkan laporan tim pencari fakta kasus Munir, diduga komplotan pembunuhnya melibatkan para petinggi Badan Intelijen Negara (BIN).

"Sayangnya, temuan tim tidak sepenuhnya ditindaklanjuti. Hanya sampai pada pelaku lapangan, dalam hal ini Pollycarpus Budihari Prijanto. Kepolisian pernah mengajukan Mayjen TNI (Purn) Muchdi Purwopranjono sebagai tersangka," ujar Poengky kepada Okezone, Senin, 7 September 2015.

Poengky menambahkan, Muchdi juga tidak pernah diproses lebih lanjut oleh kejaksaan sebagai terdakwa. Terlebih majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan juga telah membebaskannya.

"Kami yakin dalang pembunuh Munir adalah orang yang sangat berpengaruh, sehingga dalam 11 tahun tidak mampu terungkap," imbuhnya.

Poengky menilai, impunitas terhadap para pelaku yang terlibat dalam pembunuhan Munir hingga saat ini masih kental. Maka tak heran, aktor pembunuh Munir belum terungkap.

"Saya kira yang melindungi petinggi negeri ini," pungkasnya.

| Okezone |

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.