Header Ads

Ini Dia Pemenang Lomba Foto Astra 2015

acehbaru.com | Jakarta - Lomba Foto Astra (LFA) 2015 telah berakhir dan para Dewan Juri menetapkan 30 pemenang untuk Kategori Wartawan dan Umum.

Tiga pemenang utama dari Kategori Wartawan ialah Binsar Bakkara dari Associated Press dengan foto The Universe di lokasi Karo, Sumatera Utara, (juara pertama). "Malam itu saya berniat merekam aktifitas Gunung Sinabung berikut keindahannya. Alam raya sangat mendukung, langit cerah, bintang-bintang dan milkyway terlihat jelas. Gunung Sinabung pun serasa berpihak, memuntahkan abu ke arah yg tidak mengganggu pandangan," ungkap Binsar yang meraih hadiah Honda Vario 150 eSP Exclusive.

Kemudian Ferdy Siregar dari Harian Analisa dengan foto Ladang Garam di lokasi Makassar (juara kedua) yang meraih hadiah Apple Macbook Air 13" dan Agung Rajasa dari Antara dengan foto Sungai Berkelok Timika di lokasi Mimika (juara ketiga) yang meraih hadiah GoPro Hero4 Silver.

Dari Kategori Umum juga terpilih tiga pemenang utama yaitu Sandy Wijaya dengan foto Curug Cigangsa di lokasi Sukabumi (juara pertama) yang meraih hadiah Honda Vario 150 eSP Exclusive, Aris Sanjaya Lim dengan foto Sunset di Papuma Beach di lokasi Jember (juara kedua) yang meraih hadiah Apple Macbook Air 13" dan Andreas Iman Sugiarto dengan foto Malam di Batu Layar di lokasi Lampung (juara ketiga) yang meraih hadiah GoPro Hero4 Silver.

Selain tiga pemenang utama, dari masing-masing kategori juga terpilih dua juara harapan yang meraih hadiah @ 1 Parrot Drone 2.0 dan 10 juara favorit yang meraih hadiah @ 1 Nikon Coolpix AW120.

Juara harapan dari Kategori Wartawan ialah Aditia Noviansyah dari Tempo dengan foto Jam Betong di lokasi Tenggarong, Kalimantan Timur, dan Adi Wiratmo dari Nyata dengan foto Kabut Bromo di lokasi Bromo. Lalu juara harapan dari Kategori Umum ialah Bambang Wirawan dengan foto Terasiring di lokasi Magelang dan Fajar Kristianto dengan foto Kijang di lokasi Bogor.

Peraih juara favorit dari Kategori Wartawan ialah Ali Masduki dari Koran Sindo dengan foto Pulau Kambing di lokasi Madura, Budi Sugiharto dari Detik.com dengan foto Penambang Belerang di Kawah Ijen di lokasi Banyuwangi, Albert Damanik dari Harian Sumut24 dengan foto Yang Tersisa di Lereng Sinabung di lokasi Karo, Sumatera Utara, Gathot Subroto dari Housing Estate dengan foto Raja Ampat di lokasi Raja Ampat, Azwar dari Acehbaru.com dengan foto Masjid Islamic Center Lhokseumawe di lokasi Lhokseumawe.

Selain itu, Sofian Hadi dari Radar Kedu dengan foto Morning Show di lokasi Temanggung, Jawa Tengah, Dodi Sandradi dari Travel Fotografi dengan foto Wayag Island di lokasi Raja Ampat, Sofyan Efendi dari Area Magazine dengan foto Suku Anak Sawai di lokasi Maluku, Ari Bowo Sucipto dari Antara dengan foto Silence di lokasi Probolinggo dan Hasiholan Siahaan dari Koran Sindo dengan foto Wonderful Bromo di lokasi Bromo.

Untuk juara favorit dari Kategori Umum ialah Lie Fie Sian dengan foto Nuansa Biru di lokasi Bandung, Eddie Cheever dengan foto Curve of Bromo di lokasi Bromo, Fakhri Anindita dengan foto Hijau Alami Curug Macan di lokasi Gunung Halimun Salak, Astriviani Switania dengan foto Indonesia's Beautiful Coral Reef di lokasi Raja Ampat, Herry Budiansyah dengan foto Hidup Segan Mati Tak Mau di lokasi Kep. Riau, Buyung Sukananda dengan foto Wit Nganten di lokasi Salatiga, Moh. Ahsanol Arifin dengan foto Blessed by the Light di lokasi Bromo, Adhi Prayoga dengan foto Menjaring Bersama di lokasi Lombok, Fahmy Husain dengan foto Dataran Tinggi Toraja di lokasi Toraja, Sulawesi Selatan dan Habib Farindra dengan foto Hidup di Indonesia di lokasi Purwakarta

Kualitas Meningkat
Menurut fotografer profesional Reynold Sumayku, yang menjadi salah satu Dewan Juri LFA 2015, foto-foto yang tersaring menjadi pemenang memiliki keunikan tersendiri dari segi lokasi maupun angle foto. "Selama saya menjadi juri lomba foto, kualitas foto-foto di LFA sangat bagus dan istimewa."

Juri yang lain, Agus Susanto dari Harian Kompas mengatakan: "Kami tidak menduga lokasi pengambilan foto tersebut [juara pertama kategori umum] ada di Indonesia. Begitulah indahnya pesona Indonesia."

LFA 2015 dengan tema : Jelajah Pesona Indonesia merupakan LFA ketujuh yang diselenggarakan oleh PT Astra International Tbk. Lomba berhasil menyaring sebanyak 33.811 foto dari 12.009 peserta kategori umum dan 1.811 foto dari 552 peserta kategori wartawan seluruh Indonesia. Total peserta naik 38% dari tahun lalu yang mencapai 9.058 pendaftar. (i/rilis)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.