Header Ads

Dosen FAH UIN Ar-Raniry Ikuti Program IVLP 2015 di Amerika

acehbaru.com | Banda Aceh – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh kembali menorehkan prestasi di tingkat Internasional. Dimana salah satu dosen Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Syarifuddin, MA.,Ph.D berhasil menjadi salah satu peserta Internasional Visitor Leadership Program (IVLP) 2015 di Washington, DC. Amerika Serikat.


Internasional Visitor Leadership Program (IVLP) merupakan program tahunan Kedutaan Besar Amerika Serikat yang di danai langsung oleh Biro Kebudayaan dan Pendidikan, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.


“IVLP merupakan program pertukaran professional yang dibuat untuk membangun saling pengertian antara Amerika Serikat dan negara-negara lain, lewat kunjungan yang diwakili oleh orang-orang pilihan dari banyak negara yang berhasil pada lolos pada seleksi program IVLP 2015”, kata Syarifuddin melalui surat elektronik saat berada di Hongkong menuju Washington, D.C, Sabtu 5 September 2015


Lebih lanjut ia menjelaskan program ini akan memperkenalkan peserta yang terlibat dalam sistem pendidikan Islam di Indonesia kepada masyarakat, pendidikan, dan pemerintah Amerika. Melalui kunjungan ke sekolah negeri dan swasta, rumah ibadah, univeristas dan organisasi sipil, dan kantor-kantor pemerintah di beberapa kota.


“Peserta akan belajar bagaimana lembaga pendidikan keagamaan yang di arus utamakan di Amerika Serikat dan bagaimana agama dan sekolah sekuler serta berbasis keyakinan dan organisasi masyarakat sipil lainnya bekerja sama sebagai kekuatan untuk menciptakan harmoni sosial”, tambah Syarifuddin yang saat ini menjabat Wakil Dekan I FAH UIN Ar-Raniry.


Dalam kesempatan tersebut peserta juga memiliki kesempatan untuk mengajar rekan-rekan AS tentang sistem pendidikan Islam di Indonesia yang unik dan perannya dalam memperkuat tradisi toleransi dan pluralism di Indonesia. Pada akhir program, peserta akan mengeksplorasi kemungkinan untuk meningkatkan kerjasama AS-Indonesia.


Program tersebut akan berlangsung mulai tanggal 08 - 26 September 2015 di Washington, D.C (i/rilis)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.