Header Ads

Ruang Terbuka Hijau Langsa Sedang Dites Kecocokan Rusa

acehbaru.com | Langsa - Belasan ekor Rusa bantuan istana Bogor sedang dites kecocokan iklim di hutan Kota, Kota Langsa. Dalam perjalanan dikabarkan satu ekor tewas, bertambah 2 lagi jumlah yang tewas  saat sudah berada di hutan Kota Langsa. Sabtu, 1 Agustus 2015


Awalnya Hutan Kota tersebut dibawah pengawasan Dishut Langsa, namun kini hutan kota tersebut sudah beralih fungsi menjadi ruang terbuka hijau. dan sekarang ini dibawah pengelolaan Dinas Lingkungan Hidup Kota Langsa.


Dilaman Serambi, Kepala Bidang Kehutanan, Dinas Kelautan, Perikanan, dan Pertanian Kota Langsa, H Andi Akhirman Siregar SHut melalui Kasie Perlindungan Hutan, Hendra Rahayu S.Hut  Sabtu 25 Juli 2015 lalu mengatakan, rusa tersebut dihibah oleh pihak Istana Bogor kepada Pemerintah Kota Langsa sebanyak 15 ekor, tapi satu ekor diantaranya mati karena kelelahan sebulan lalu.

Hendra mengatakan, rusa tersebut saat ini masih dalam pemantauan pihak Istana Bogor dalam masa adaptasi terhadap iklim dan cuaca. “Jika dianggap cocok, maka baru akan diserahterimakan kepada Pemko Langsa,” kata Hendra.

Ia merincikan, rusa jantan sebanyak lima ekor dan betina sembilan ekor itu sekarang dikarantina di areal Taman Hutan Wisata Kota Langsa di Desa Paya Bujok. Karena itu, tambah Hendra, Pemko juga akan membangun tempat penampungan di Hutan Kota—sebagai lokasi kebun binatang mini. “Ke depan akan kita kembangkan lagi dengan beragam jenis binatang lain,” kata dia.

Dikatakan, pihak dinas juga sudah mempersiapkan petugas penjagaan dan perawatan yang nanti akan ditempatkan di Hutan Kota Langsa.

“Saat ini kami sedang menyiapkan SK untuk tim tersebut, karena aka ada pihak profesional yang akan dilibatkan, seperti dokter hewan,” kata Hendra.

Selain itu, kata dia, Wali Kota Langsa juga memiliki beberapa rusa dan beberapa binatang lain yang dibeli dari masyarakat. “Nanti akan diserahkan ke kebun setelah dipersiapkan tempatnya dan mengatur pengelolaannya,” pungkas Hendra Rahayu SHut. (i/Sumber serambi)

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.