Header Ads

Kapal Silver Sea 2 Ditangkap TNI AL Sabang

acehbaru.com | Sabang - Kapal Silver Sea 2 milik perusahaan Silver Sea Reefer Co., Ltd, yang beralamat di Bangkok, Thailand yang diduga terlibat dalam aktivitas pencurian ikan di laut Indonesia ditangkap
KRI Teuku Umar sekitar 80 mil laut atau 130 kilometer Sabang, Aceh. Penangkapan ini setelah satu minggu dilacak. Kamis, 13 Agustus 2015.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti hampir mustahil untuk menangkap kapal tersebut, namun atas usaha pihaknya dan TNI AL akhirnya kapal kapal dengan panjang 81,73 meter itu merupakan produksi Belanda pada 1979.

Kapal itu bisa memuat ikan hingga lebih 2.200 ton, karena memiliki mesin pendingin canggih tertangkap. “Terimakasih AL, jalesveva jayamahe. Kapal tramper SilverSea2 telah berhasil ditangkap oleh TNI AL malam ini,” ujar Susi melalui akun Twitternya, Sebagaimana diberitakan situs acehkita.com

Kini kapal Silver Sea 2 telah ditarik ke Pangkalan TNI AL di Teluk Sabang, untuk dilakukan periksaan terhadap para kru dan anak buah kapal yang diduga melalukan aktivitas penangkapan ikan ilegal.

Kantor Berita Associated Press menyebutkan, Silver Sea 2 merupakan salah satu dari 34 kapal yang berhasil melarikan diri dari gempuran otoritas Indonesia di Benjina, Sulawesi, awal tahun ini. AP yang bekerjasama dengan DigitalGlobe, penyedia satelit, melacak keberadaan kapal ini melalui citra satelit. Pada 14 Juli lalu, kapal Silver Sea 2 terdeteksi di perairan Papua Nugini tengah memuat ikan dari dua kapal pukat.

Diduga, aktivitas pencurian ikan di perairan Indonesia menggunakan jasa para pekerja asal Myanmar atau Kamboja yang diperbudak. Namun dalam sebuah pernyataan Silver Sea Reefer Co, yang memiliki sembilan kapal kargo-pendingin, menyatakan tidak telibat dengan aktivitas para nelayan. (i/acehkita.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.