Header Ads

Kala Unsyiah Peroleh Akreditasi A

acehbaru.com | Banda Aceh – Universitas Syiah Kuala akhirnya memperoleh nilai akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Kamis, 6 Agustus 2015, Akreditasi ini dikantong Unsyiah setelah memperoleh nilai 362.

Akreditasi A dari BAN-PT tersebut diberikan Unsyiah setelah melalui serangkaian proses. Selain soal fasilitas, BAN-PT juga melihat kesiapan sumber daya manusia yang ada di kampus itu.


Saat ini, di Indonesia terdapat 24 perguruan tinggi yang berakreditasi A. Kebanyakan kampus yang berada di Pulau Jawa. Hanya tiga yang berada di luar Jawa, yaitu Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas Andalas Padang, dan Universitas Syiah Kuala.


Juru Bicara Unsyiah Ilham Maulana menyebutkan, perjuangan Unsyiah untuk memperbaiki nilai akreditasi institusinya sudah berlangsung lama, yaitu sejak dinyatakan mendapatkan nilai akreditasi C pada 2009 lalu. Namun demikian, persiapan dan pengisian kelengkapan formulir akreditasi baru dilakukan sejak sekitar dua tahun lalu, setelah Rektor Unsyiah Samsul Rizal menunjuk tim Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) Unsyiah di bawah pimpinan Syahrunnur Madjid.


Pengiriman borang akreditasi dilakukan Unsyiah pada Januari 2015, dan Unsyiah menerima visitasi tim asesor BAN PT pada awal Mei 2015 lalu. Tim Asesor ini berjumlah empat orang. Mereka adalah Mahriyuni dari Universitas Negeri Medan, Haryadi dari Universitas Soedirman, Prof. Suyanto dari Universitas Airlangga, dan Prof. Suwito dari Universitas Islam Negeri Jakarta.


Rektor Unsyiah Prof. Samsul Rizal, mengaku gembira mendapatkan kabar ini. Ia berharap semangat untuk menjaga kualitas pelayanan akademik di kampus jantung hati rakyat Aceh ini tetap terpelihara seperti saat berjuang untuk mendapatkan nilai A ini.


“Kita punya kompetensi yang beragam dan sangat luar biasa di Unsyiah ini, jika kita semua selalu bersatu dan bersinergi untuk mencapai visi yang sama, Insya Allah tidak ada yang tidak mungkin untuk kita capai,” kata Samsul. | acehkita.com |

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.