Header Ads

Reje Linge ke-XX Meninggal Dunia

acehbaru.com | Takengon – Pemangku Reje Linge ke – XX Tengku Iklil Ilyas Leube, berpulang kerahmatullah, Kamis 30 Juli 2015. Mantan petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang juga putra dari Kabinet Hasan Tiro Ilyas Leubee meninggal sekitar pukul 21:00 Wib dalam perawatan di RSU Zainoel Abidin Banda Aceh.

Tengku Iklil Ilyas Leube akan dipulangkan ke Lampahan Kabupaten Bener Meriah untuk dikebumikan

Tengku Iklil Ilyas Leube yang dinobatkan sebagai pemangku Raja Ling eke- XX pada 2013 lalu karena dianggap menjadi tokoh pemersatu oleh para tokoh adat dan masyarakat dari lima kabupaten yakni Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Tenggara dan Tanah Karo. Dan dia dianggap bisa menyambung perjalanan sejarah raja-raja Linge.

Sebelumnya Tengku Ilyas Leubee, ayah kandung Iklil, menjadi Reje Linge XIX dan kemudian syahid pada tahun 1982 di Pandrah, Bireuen. Ia saat itu sedang bergerilya dari kepungan aparat TNI setelah dr Zubir Mahmud dan Dr Muktar Hasbi syahit di Peureulak dan Pulau Tiga Aceh Tamiang dalam perjuangan membangun Aceh Merdeka (GAM)

Sebelumnya Ilham Ilyas Leube abang kandung Iklil Ilyas Leubee, Selasa siang 25 Februari 2014 lalu yang saat itu masih berstatus anggota DPR Aceh yang juga mantan petinggi GAM menghembuskan napas terakhir di Bener Meriah akibat penyakit yang dideritanya. (ira)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.