Header Ads

Ini Bus Putra Pelangi Terhebat Untuk Mudik Lebaran Tahun Ini

acehbaru.com | Jakarta - Nama Bus Putra Pelangi Perkasa barangkali sudah tak asing bagi warga Aceh dan Medan. Bus yang sering hilir mudik di jalan Lintas Sumatera ini meluncurkan armada terbarunya, bermesin Mercedes Benz dengan tipe chassis OC 500 RF 2542.

Bus kelas VIP dengan konfigurasi kursi 2-2 ini dibalut karoseri Rahayu Santosa dengan tipe body Jetliner. Selain menawarkan kenyamanan, bus ini didukung mesin turbo intercooler dengan output 11.967 CC yang mampu menghasilkan daya 310 Kw atau 422 Horse Power pada 2.000 RPM dan torsi tertinggi pada 1.900 Nm pada 1.100 RPM. Tenaga bus ini disebut cukup dahsyat untuk sebuah bus penumpang.

Dan ini akan dioperasionalkan kali pertama pada musim mudik Lebaran tahun ini. Boleh jadi ini kabar yang menggembirakan buat para calon penumpang. Selain nyaman, harganya pun mungkin terjangkau bagi warga yang akan mudik pada Lebaran kali ini.

Bus seharga Rp 4,5 miliar ini dikendalikan dan dikelola dengan sistem elektronik. Injeksi bahan bakar yang lebih tepat dan efisien dengan sistem pompa satuan untuk memastikan kinerja yang lebih baik, sehingga memperpanjang daya tahan mesin.

Seperti yang disebutkan karoseri-id.com, bus dengan 3 poros roda ini sudah dilengkapi dengan sistem keamanan terbaik dari Mercedes Benz yaitu, Disk Break, Electronic Stability Program atau sistem anti-selip, Sistem pengereman elektronik, ABS [Antilock Breaking System], Retarder untuk memastikan daya pengereman dan ASR Sistem pengereman.

Pada kaki-kakinya, suspensi independen sudah disematkan pada as roda depan. Hal ini digunakan untuk memberikan kenyamanan pengemudi dan penumpang. Dengan daya angkut 24 ton, poros roda belakang menjadi bagian paling penting dari chassis bus baru ini. Pada  poros roda ketiga, dapat dikontrol baik untuk bergerak maju dan mundur, dengan sistem elektro-hidrolik.(Monitorday.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.