Header Ads

Ini Beda Shalat Idul Fitri Di Mesjid Raya Bersama Presiden Jokowi

acehbaru.com | Banda Aceh- Para jamaah shalat Idul Fitri 1436 H kali ini yang melaksanakan di Mesjid Baiturahman Banda Aceh sedit berbeda dengan sebelumnya. Kali ini warga harus antri melewati alat pemeriksaan benda berbahaya, karena ada Presiden Jokowi yang ikut shalat disana.

Kondisi tersebut menyebabkan banyaknya jamaah terpaksa melaksanakan shalat di jalan dan trotoar karena ketatnya pemeriksaan Paspamres terjadi diluar dugaan.

Bahkan, warga sama sekali tidak menyangka jika ada pemeriksaan yang membuat mereka harus antre melewati pintu metal detector yang dijaga Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Ketatnya pemeriksaan tersebut sempat menyulutkan ketegangan antara jamaah dengan Paspampres. Beberapa di antaranya berusaha menerobos jalur pemeriksaan dan lainnya terjebak dalam himpitan. Sejumlah warga tengah mengantre meminta pemeriksaan tidak dilakukan lagi karena shalat sudah dimulai.

Namun Paspamres mengatakan pemeriksaan tetap harus dilakukan karena sudah menjadi prosedur untuk mengamankan pejabat negara. "Maaf bapak-bapak dan ibu, kami hanya menjalankan tugas," ujar seorang petugas Paspampres berusaha untuk menenangkan warga.

Seperti diberitakan sebelumnya ribuan jamaah Shalat Idul Fitri 1436 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahman terpaksa harus melaksanakan shalat di luar halaman masjid. Bukan lantaran terlambat, tapi hal itu dilakuan warga karena terlalu lama menjalani antrean pemeriksaan oleh Paspamres di pintu masuk depan menara utama masjid. Antrean sudah terjadi mulai pukul 07.00 WIB. Ribuan jamaah terkonsentrasi di satu titik pemeriksaan sehingga menyebabkan antrean panjang. Sampai pengurus masjid mengumuman shalat segera dimulai, suasana antrean masih terjadi.

Sehingga warga berinisiatif membuat shaf sendiri. Mereka menggelar sajadah di atas badan jalan di depan lokasi pemeriksaan Paspamres, dan kawasan Jl Moh Jam. Sementara jamaah lainnya, termasuk perempuan, memilih shalat di trotoar di sebelah selatan masjid. (i/Serambi)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.