Header Ads

Hore..! Besok Kajadeeh Hari Raya

acehbaru.com | Jakarta - Kementerian Agama menggelar sidang Isbat tertutup untuk penentuan 1 Syawal 1436 Hari Raya Idul Fitri. Sidang tertutup ini dilakukan di Kantor Kementerian Agama, Jalan Thamrin, Jakarta, Kamis, 16 Juli 2015.


"Sidang kali ini seperti tahun lalu, tertutup," kata Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim di lokasi.


Secara pribadi, dia optimistis Hari Raya Idul Fitri ditetapkan, Jumat, 17 Juli 2015, besok. Sebab, sambungnya, situs resmi Kementerian Agama pada hari ini, mengutip hilal sudah berada di posisi 3 derajat yang artinya, hilal bisa muncul malam ini.


"Optimisme sebuah kemungkinan, makanya kami lihat dulu posisis hilal, lalu mendengar laporan pelaku rukiyat yang disumpah untuk menjalankan tugasnya," kata Lukman.


Sebanyak 116 titik yang disebar di 33 provinsi untuk mencari posisi hilal. Usai pemaparan tadi, nantinya hasil ini akan dibawa kepada sidang Isbat yang akan dibuka pukul 19.00 WIB nanti.


"Kalau ada salah satu yang melihat hilal. Maka sidang isbat bisa menyepakati sudah masuk 1 Syawal, besok bisa salat Ied," ujar dia.


Sidang Isbat ini dihadiri beberapa elemen mayarakat seperti, tokoh dan sejumlah organisasi Islam. Termasuk pihak dari astrologi, LAPAN dan beberapa tamu undangan dari negara sahabat yang mewakili negaranya di Indonesia.


"Ya seperti biasa bahwa akan diawali paparan pakar astromi hisab dan rukiyat menjelaskan posisi hilal terakhir saat ini. Nanti akan dilihat dari seluruh wilayah tanah air bahkan berbagai bagian dunia," ujarnya. | suara |

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.