Header Ads

Gempa 4,0 SR Guncang Kota Bukit Tinggi

acehbaru.com | Bukit Tinggi - Gempa berkekuatan 4,0 skala Richter menggetarkan Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Sabtu 25 Juli 2015 pukul 20.17 WIB. Gempa ini  berpusat di Segmen Sianok


Sebagaimana diberitakan TEMPO warga di sekitar Pasar Atas Bukittinggi, warga yang berada di pusat perbelanjaan berhamburan keluar. Begitu juga yang sedang berada di warung kopi, mereka berlarian ke luar.

Menurut data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi di koordinat 0.35 Lintang Selatan (LS) dan 100.43 Bujur Timur (BT). Tepatnya 8 kilometer Tenggara Bukittinnggi.

"Gempa ini juga dirasakan di Padang Panjang dengan III MMI dan Pariaman I-II MMI," ujar Kepala Seksi Informasi dan Data BMKG Padang Panjang, Buha, Sabtu 25 Juli 2015.


Ariya, 26 tahun, salah seorang warga Pekanbaru yang mengunjungi Bukittinggi saat gempa, mengatakan getaran gempa terasa kuat. "Terasa berayun-ayun. Sekitar 2 hingga 3 detik. Tapi kuat," ujarnya kepada Tempo.

Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia, Sumatera Barat, Ade Edward mengatakan, gempa yang menggetarkan Bukittinggi merupakan gempa darat. Patahan Sumatera yang berada di Segmen Sianok. "Sekitar Padang Luar hingga Batagak," ujarnya kepada Tempo, Sabtu 25 Juli 2015.

Gempa ini, menurut Ade, juga berpotensi membangunkan Gunung Marapi dan Singgalang yang terletak di sekitar kawasan patahan itu.

Kata Ade, gempa akibat segmen ini pernah terjadi pada Maret 2007 dengan skala 4 SR dan 6 SR. Gempa besar itu berdampak besar ke bangunan fisik. Daerah kerusakannya mulai dari Palupuah hingga Kabupaten Solok. "Ketika itu yang paling parah di sekitar Padang Panjang-Sumani," ujarnya. (tempo.co)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.