Header Ads

14 Mausoleum Islam Timbuktu Mali Direstorasi PBB

acehbaru.com – Sebanyak 14 mausoleum Islam bersejarah di Timbuktu mendapatkan program restorasi dari PBB. Kehancuran situs islam tersebut  akibat serangan milisi Islam di Mali Utara tiga tahun lalu.

Dikutip dari laman BBC, pada upacara peresmian hari Sabtu 18 Juli 2015 kepala badan budaya PBB, Irina Bokova, mengatakan dirinya berharap Mahkamah Pidana Internasional akan mengadili orang-orang yang bertanggung jawab.

Bokova juga mengatakan merestorasi mausoleum adalah bagian dari program PBB.

"Kami telah memenuhi janji kami ... kami menolak extremisme dan menerima perdamaian ... inilah sumbangan kami kepada masyarakat Timbuktu," kata Bokova.

[caption id="attachment_23895" align="alignleft" width="300"]Di masa keemasannya pada Abad Pertengahan, Timbuktu adalah pusat pendidikan dan perdagangan dunia | Foto AP/BBC Di masa keemasannya pada Abad Pertengahan, Timbuktu adalah pusat pendidikan dan perdagangan dunia | Foto AP/BBC[/caption]

Wali kota Timbuktu, Halle Ousmane, mengatakan halaman kelam dalam perjalanan sejarah kota ini telah ditutup.

"Pembangunan kembali mausoleum-mausoleum ini membantu kita melupakan masa-masa kelam tersebut," kata Ousmane.

Mausoleum ini adalah makam para pemikir Islam yang hidup pada abad ke-15 dan 16. Timbuktu, kota yang terletak di tengah padang pasir, adalah salah pusat ilmu pengetahuan dan perdagangan dunia di Abad Pertengahan.

Di masa keemasannya, terdapat 180 sekolah dan universitas yang menerima murid dari dunia Islam. (i/BBC)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.