Header Ads

Soal Kiblat, Bupati Minta Dinas Syariat Islam Sosialisasi

acehbaru.com | Bireuen - Bupati Bireuen meminta dinas Syariah Islam untuk segera mensosialisasi perubahan arah kiblat sejumlah Mesjid dalam Kabupaten Bireuen, sehingga tidak membingungkan ummat.Minggu, 28 Juni 2015


"Kadis syariat islam dimohon segera berkoordinasi dengan ulama setempat jika berkunjung ke mana-mana masjid, sehingga nanti tidak ada masalah lagi dikemudian hari,”Tegas Bupati Ruslan.


Sebelumnya H M Daud Pakeh kepala Kantor Wilayah kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh mengatakan peristiwa rasydul qiblat akan terjadi dua kali pada 2015, yakni pada 28 Mei tepat pukul 16.18 WIB dan 16 Juli 2015 pada pukul 16.28 WIB," kata Kakanwil Kemenag Aceh


Rasydul qiblat yaitu ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat di mana peredaran matahari jika dilihat dari bumi akan selalu berpindah sebesar 23,5 derajat ke utara.
Selanjutnya ketika matahari bergerak ke utara dengan posisi Ka'bah yang berada pada 21" 25" lintang utara, maka otomatis pada waktu tertentu matahari akan berada tepat di atas Ka'bah. (lia/str-tag)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.