Header Ads

Mewahnya Markas ISIS, Ada Keramik seperti di Masjidil Haram

acehbaru.com | Palmyra  - Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengklaim mempunyai markas baru yang berada di kawasan Palmyra, Suriah. Markas tersebut merupakan sebuah bangunan mewah yang disebut-sebut milik keluarga Kerajaan Qatar. Bangunan yang lebih mirip dengan istana atau puri ini ditinggalkan pemiliknya begitu ISIS memasuki Palmyra.

Media propaganda ISIS menyebut markas itu sebagai istana tirani dari Qatar. Istana yang berada di sisi bukit di kawasan gurun itu nantinya ditinggali pemimpin ISIS, bahkan akan dijadikan markas utama. Orang Suriah yang mengklaim membantu pembangunan istana itu mengatakan bangunan mewah tersebut mulai dibangun pada 2009.

Lewat akun Twitter-nya, orang itu mengatakan pembangunan terhenti akibat pecah perang saudara di Suriah. Ia menyebutkan lantai istana tersebut terbuat dari marmer yang sama dengan milik Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi. Menurut dia, istana itu dibuat oleh Sheikh Tamim bin Hamad bin Khalifa al-Thani untuk ibunya yang bernama Emira Mozeh.

Sejumlah foto yang dirilis jaringan media di Provinsi Homs menunjukkan istana itu mempunyai taman luas yang dilengkapi kolam renang dan gazebo. Kondisinya pun terawat baik. Dilihat dari gaya arsitekturnya, istana Emira Mozeh mirip dengan gaya hunian seorang emir yang berada di London, Inggris. Namun hingga kini tidak ada pihak yang memberikan konfirmasi.

Laporan Daily Mail merujuk pada hunian milik Sheikha Mozah bin Nasser al-Missned di London. Sheikha Mozah adalah salah satu dari tiga istri mantan Emir Qatar, Sheikh Haman bin Khalifa al-Thani. Ia membeli tiga hunian mewah di Regent Park, London, seharga 120 juta pound sterling pada 2013. Salah satu hunian, yang berisi 13 kamar tidur, rencananya diberikan kepada anaknya, Sheikh Tamim bin Hamad.

Di London, hunian tersebut termasuk properti yang paling bergengsi yang dimiliki oleh orang asing atau swasta. Nilainya kini mencapai 280 juta pound sterling. Harga istana milik Mozah menjadi hunian pertama yang menyentuh angka tertinggi di Inggris. Keluarga pemimpin Qatar itu juga mempunyai gedung pencakar langit tertinggi di Eropa dan kampung Olimpiade.

Baru-baru ini ada orang Qatar yang membeli satu dari 30 rumah termahal di London yang harganya rata-rata lebih dari 2 juta pound sterling. Emir Qatar sendiri tidak ragu-ragu membeli pusat perbelanjaan terkenal Harrods seharga 1,5 miliar pound sterling pada 2010. "Kami ingin berinvestasi di mana pun. Bahkan untuk Harrods," kata Sheikh Hamad.(Tempo.co)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.