Header Ads

Gubernur Cita-Cita Aceh Jadi Lumbung Pangan Nasional

 

acehbaru.com | Banda Aceh - Gubernur Aceh, dr. Zaini Abdullah menghimbau kepada semua pihak untuk meningkatkan kebersamaan membangun ketahanan pangan untuk merealisasikan target Aceh sebagai salah satu lumbung pangan nasional.Kamis, 11 Juni 2015


Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah, Dermawan, MM mewakili Gubernur Aceh dalam kata sambutan pembukaan Hari Peringatan Krida Pertanian Aceh ke-43 di Balai Diklat dan Pelatihan Pertanian (BDP) Saree.


Untuk mencapai target Aceh sebagai lumbung pangan nasional, Gubernur menyerukan semua pihak untuk melakukan langkah bersama dalam menyusun program kesejahteraan petani melalui peningkatan jalan produksi dan irigasi, penyediaan bibit unggul yang baik, pengadaan pupuk, dan pemberian penyuluhan yang intensif.


“Langkah tersebut harus dapat dimaksimalkan sesusai dengan harapan Presiden yang menargetkan negeri kita agar tidak hanya memiliki pangan yang cukup, tapi surplus untuk tiga pangan tertentu.


“Untuk tahun ini, Aceh diharapkan mampu berkontribusi,  antara lain untuk produk padi yang tahun ini diharapkan mencapai 2,7 juta ton; kedelai 127.208 ton; dan jagung 363.346 ton,” kata Gubernur.


Gubernur juga berharap semua dinas dan instansi terkait untuk dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang optimalisasi lahan dan mencegah alih fungsi lahan pertanian kepada sektor lain.


“Aceh harus dapat menjalankan program-program terpadu di sektor pertanian dalam rangka mencapai target lumbung nasional, seperti pengembangan Kampung Pangan Terpadu Minapolitan, di Pudak, Muaro Jambi, Jambi,” terang Gubernur.


Melalui peringatan Hari Krida Pertanian, Gubernur menghimbau kepada semua pihak untuk meningkatkan program pembangunan ketahanan pangan secara intensif. “Apalagi untuk pelaksanaan Pekan Nasional Tani dan Nelayan ke-15 tahun 2017 akan dipusatkan di Aceh,” katanya.


“Untuk mencapai harapan ini, dibutuhkan kerja keras semua pihak melalui peningkatan program intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian di semua daerah dan meningkatkan kerjasama para pelaku pembangunan pertanian baik di pemerintahan, swasta, maupun para pemangku kepentingan dan masyarakat petani,” ujar Gubernur.


Acara Peringatan Hari Krida Pertanian Aceh ke-43 pada tahun ini dipusatkan di Saree, Aceh Besar sebagai tuan rumah pelaksana. Acara yang berlansung selama tiga hari tersebut bermula dari 10 s/d 12 Juni, diikuti oleh ratusan peserta pameran dari berbagai instansi pertanian seluruh Aceh dan perusahaan pertanian lokal.


Turut hadi pada acara tersebut Kepala BKPLuh Aceh, Iskandar Idris, M.Si,Kepala Badan Penyuluhan dan DM Pertanian, Kementan RI, Ir. Pending Dadih Permana, Walikota Sabang, Zulkifli M. Adam, Wakil Bupati Aceh Besar, Drs. Syamsulrizal, M.Kes, Wakil Bupati Pidie. Bapak, M.Iriawan, SE, Kadis kehutanan Aceh, Ir. Husaini Syamaun, Kadis Pendidikan Aceh, Hasanuddin Darjo, Kepala Sekretariat Katibul Wali, Paradis serta beberapa kepala dinas dan instansi terkait. (ril)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.