Header Ads

Dituduh Suap ABK, Menlu Australia Serang Balik RI

acehbaru.com | Melbourne – Pemerintah Australia tampaknya tidak mau disalahkan atas permasalahan isu suap terhadap kapten dan anak buah kapal (ABK). Menteri Luar Negeri (Menlu) Australia Julie Bishop justru menyerang balik Pemerintah Indonesia.


Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu) menemukan sebuah fakta bahwa Pemerintah Australia telah membayar kapten dan ABK, yang membawa imigran agar kembali ke perairan Indonesia. Sebelumnya, Perdana Menteri Tony Abbott tidak membantah dan mengakui tuduhan penyuapan yang dilakukan pejabat Australia tersebut. Sampai saat ini, Pemerintah Indonesia terus melakukan penyelidikan atas kasus ini.


Australia tampaknya menolak disalahkan. Mereka justru menyerang balik Pemerintah Indonesia yang tidak menjaga kedaulatan mereka dengan ketat. “Saya sudah tidak sabar untuk mendengar secara penuh hasil penyelidikan Pemerintah Indonesia mengenai penyelundupan manusia ini, termasuk pelanggaran paspor dan visa hukum. Pemerintah Indonesia harus membuktikan apakah kapten dan ABK itu merupakan bagian sindikat penyelundupan manusia,” kata Bishop, seperti diberitakan The Guardian, Senin (15/6/2015).


“Cara terbaik untuk Indonesia memecahkan kekhawatiran ini adalah dengan melakukan Operation Sovereign Borders. Ini merupakan sebuah cara untuk menegakkan kedaulatan perbatasan wilayah Indonesia,” sambungnya. (sumber: news.okezone.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.