Header Ads

Bupati Aceh Utara Kunjungi Lokasi Semburan Lumpur

acehbaru.com | Aceh Utara – Bupati Aceh Utara melakukan kunjungan ke lokasi semburan lumpur di Gampong Geulanggang Baroe Kecamatan Lapang, Kabupaten Aceh Utara. Sabtu,13 Juni 2015. Kedatangan Bupati ingin melihat kondisi masyarakat yang mengalami dampak dari semburan lumpur.


“Kita sudah hubungi pihak Exxon Mobil juga kita sudah laporkan ke propinsi terkait hal ini,” Ujar Muhammad Thaib Bupati Aceh Utara.


Bupati menambahkan untuk penanganan semburan lumpur ini Exxon Mobil dan Dinas terkait di Propinsi karena mereka memiliki tenaga ahli, pun begitu, kata Bupati untuk mengantisipasi hal yang tidak di ingin dan untuk menjaga kenyamanan warga dari kegundahan dan ketakutan Dinas Pengairan dan ESDM juga telah mendapatkan arahan dari dinas propinsi untuk memantau aktivitas semburan.


Sebagaimana diketahui awalnya beberapa pekerja melakukan pengeboran sumur di Desa itu, namun tiba-tiba lumpur disertai batu berukuran kecil keluar dengan kencang hingga menyirami beberapa rumah warga. Sejumlah pepohonan juga ikut layu terkena semburan lumpur itu.


“Mereka (pekerja) telah melakukan pengeboran selama lima hari, namun tiba-tiba tadi keluar lumpur,” kata Danil, salah seorang warga setempat kepada acehbaru.com.


“Lumpur saat keluar kira-kira mencapai ketinggian 50 meter. Warga terkejut dan panik melihat lumpur itu,” tambah seorang warga lainnya.




[caption id="attachment_23046" align="alignleft" width="300"]acehbaru.com/Mukhlis Azmi acehbaru.com/Mukhlis Azmi[/caption]

Sementara itu, beberapa saat kemudian tim pemadam kebakaran Pemkab Aceh Utara tiba di lokasi kejadian. Mereka dibantu aparat Polsek dan Koramil Lapang mengamankan lokasi.


Warga diminta menjauh dari titik semburan lumpur yang diduga diakibatkan oleh gas.Namun saat itu lumpur sudah mengecil, diperkirakan hanya mencapai 3 meter.


Berdasarkan pantauan acehbaru.com, tim pemadam kebakaran tampak menyirami pemukiman warga, termasuk ruas jalan yang terkena lumpur. Sementara aparat kepolisian dan TNI tampak berjaga-jaga di sekitar lokasi kejadian. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, hanya saja seorang pekerja sumur bor dikabarkan mengalami luka ringan dibagian tangan.Sejumlah warga yang sempat panik mulai kembali ke rumahnya masing-masing. (adi | ami)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.