Header Ads

Bupati Aceh Timur Siapkan 7300 Ha Lahan Kota Mandiri Untuk Warga Miskin dan Mantan Combatan

acehbaru.com | Aceh Timur - Pemerintah kabupaten Aceh Timur menyiapkan 7300 hektar lahan dalam upaya pengembangan Kota Terpadu Mandiri (KTM) di Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak. Lokasi tersebut akan diperuntukkan untuk warga dan mantan combatan GAM yang tidak memiliki rumah.


“7300 hektar lahan HTI dalam HPL sudah kita siapan. Dalam upaya merubah status, kita sudah kirim surat ke Menteri Kehutanan dan Perkebunan. Bahkan kita sudah membahas status lahan ini dengan Dirjend Kehutanan dan keputusannya segalanya sepeuhnya menjadi tanggungjawab Pemerintah Aceh,” kata Bupati Rocky disela-sela mendampingi Ketua DPR Aceh ke lokasi Pengembangan KTM di Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak, Kamis 11 Juni 2015


Menurut orang nomor satu di Aceh Timur, kedepan pihaknya akan berusaha untuk menambah pembangunan rumah dalam KTM ini, sehingga seluruh rakyat Aceh Timur yang tidak memiliki rumah secara bertahap akan ditempatka ke lokasi KTM dan diberikan lahan sebagai ladang pekerjaan.


Ketua DPR Aceh, Tgk. Muharuddin mengatakan, untuk melanjutkan program yang sudah ada, maka pembangunan rumah dengan menggunakan APBA rencananya di lokasi KTM atau di lahan yang disediakan Pemkab Aceh Timur yakni di Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak.


Tgk Muhar menambahkan, pihaknya menyahuti dengan penuh rasa bangga usulan yang merakyat tersebut, karena secara otomatis lokasi KTM nantinya akan dihuni para kombatan GAM dan janda-janda korban konflik yang hingga saat belum memiliki rumah.


“Ini bakal menjadi lokasi translok dalam KTM, sehingga masyarakat yang menetap disini tersedia berbagai fasilitas dan sarana yang lengkap, seperti sekolah, Puskesmas, masjid, lapangan olahraga dan lainnya. Ini program yang benar-benar merakyat dan kita selaku wakil rakyat di parlemen sangat menyahutinya,” kata Tgk.Muharuddin. (ira)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.