Header Ads

Alexa Kini dan Kisah Alexandria Zaman Kuno

acehbaru.com – Alexa menjadi tujuan para pengguna dan pemain web. Pasalnya situs yang satu ini dapat mendeteksi peringkat antara web dari berbagai basisnya. Penamaan kata Alexa ternyata bukan terjadi begitu saja, namun nama itu ternyata merujuk pada "Alexandria" tempat penyimpanan data di zaman kuno.
Menarik ! baca kisahnya


Alexa Internet, Inc. adalah sebuah anak perusahaan dari Amazon.com yang berbasis di California, dan menyediakan data komersial terkait traffic web. Didirikan sebagai sebuah perusahaan independen pada tahun 1996, Alexa kemudian diakusisi oleh Amazon pada tahun 1999.


Toolbar yang diciptakan oleh Alexa mengumpulkan data berupa kebiasaan berselancar penggunanya di internet dan mengirimkannya ke pusat data Alexa, dimana data-data tersebut disimpan dan di analisa, sehingga menjadi dasar dari laporan web traffic yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggannya.


Sebagaimana tercatat pada tahun 2014, Alexa menyediakan data traffic, ranking situs web secara global maupun dalam satu negara tertentu, dan berbagai informasi lainnya pada lebih dari 30 juta situs web yang terdaftar. Situs web Alexa dikunjungi lebih dari 8,8 juta orang setiap bulannya.


Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat.Nama dari perusahaan ini dipilih terinspirasi dari sebuah perpustakaan bernama "Alexandria" yang ada di California, dengan tujuan untuk menggambarkan hubungan antara pusat penyimpanan data sejak zaman kuno dengan potensi dari internet untuk menjadi pusat data menggantikan posisi perpustakaan.


Perusahaan ini menawarkan sebuah toolbar ciptaan mereka yang memberikan pengguna internet berbagai masukan untuk menentukan tujuan berikutnya dalam berselancar menggunakan internet, berdasarkan dari pola traffic komunitas pengguna internet itu sendiri.


Alexa juga menawarkan konteks bagi setiap situs web yang dikunjungi, informasi kepada siapa situs web tersebut didaftarkan, berapa halaman yang dimiliki oleh situs web tersebut, dan seberapa sering isi situs web tersebut diperbaharui.


Operasi Alexa termasuk juga mengarsipkan halaman web yang mereka telusuri. Database ini disimpan dalam sebuah server yang kemudian disebut "Internet Archive" dan bisa diakses melalui sebuah mesin pencari yang dinamakan "Wayback Machine".


Pada tahun 1998, perusahaan ini menyumbangkan sebuah salinan yang hanya berukuran 2 terabytes dari arsip tersebut kepada Perpustakaan Kongres Amerika. Alexa kemudian memasok Arsip Internet tersebut secara rutin dengan menggunakan mesin penelusuran situs. (lia/ https://id.wikipedia.org)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.