Header Ads

328 Warga Rohingya Dapat 2 Lembu Meugang Jelang Ramadhan 1436 H

acehbaru.com | Aceh Utara-Ramadhan 1436 H akan menjadi suasana baru bagi 328 warga Rohingya, Myanmar. Betapa tidak, mungkin di negaranya, tidak ada adat potong lembu menjelang ramadhan. Untuk Ramadhan kali ini, 328 warga Muslim Rohingya dihadiani 2 ekor lembu oleh Pemkab Aceh Utara, agar mereka pun dapat merayakan haru meugang yang setiap tahun dilakukan masyarakat Aceh.


“Kemarin sudah kita berikan 2 ekor lembu untuk pengungsi Rohingya, agar mereka pun dapat makan daging menjelang Ramadhan 1436 H. Mereka itu saudara kita, saudara seiman dan se agama. Sementara untuk kebutuhan hidup lainnya sudah menjadi tanggungan IOM dan UNHCR,” sebut Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib, Senin, 15 06 2015 kepada acehbaru.com.


Sejak hari ini, tanggal 15 06 2015, para pengungsi Rohingya akan menghuni 120 rumah yang dibangun ACT di Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur. Mereka akan tinggal di sana selama proses penempatan mereka ke negara ke tiga belum dilakukan oleh UNHCR. Diperkirakan mereka akan berada di Aceh selama setahun ke depan.


32 dari 120 rumah tersebut akan dihuni oleh warga Rohingya yang sudah berkeluarga, sedangkan sisanya ditempati oleh warga yang belum berumah tangga. Ukuran rumah 5 x 6 meter. Di lokasi itu juga dibangun sarana dan prasarana lainnya seperti MCK, fasilitas kesehatan, tempat shalat, pos keamanan dan lain sebagainya.


Lokasi tempat pengungsian di Blang Adoe jauh lebih baik dan cukup layak untuk mereka tempati dibandingkan dengan lokasi yang lama di pinggir pantai Kuala Cangkoi, Kecamatan Lapang. Di lokasi tersebut, IOM dan UNHCR juga menyediakan fasilitas tempat belajar mengajar bagi anak-anak Rohingya.


“Ini jauh lebih baik dari sebelumnya. Tempatnya juga cukup aman dan nyaman,” kata Sekda Aceh Utara Drs. Isa Ansari yang didampingi Kabag Humas Amir Hamzah usai mengunjungi lokasi pengungsian tersebut. (abi).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.