Header Ads

Lsm Forum Rakyat Miskin, Gelar Seminar Jaga Keutuhan NKRI

acehbaru.com | Aceh Timur - Partisipasi Masyarakat Dalam Mencegah Disintegrasi Bangsa Guna Menjaga Keutuhan NKRI. Demikian tema yang diangkat dalam seminar sehari oleh LSM Forum Peduli Rakyat Miskin (FPRM), dalam rangka menjaga perdamaian Aceh paska perjanjian damai Helsinki menjelang 10 tahun berlangsung.

Acara yang digelar di Aula Kantor Camat Peureulak Kota, Kamis 14 Mei 2015  menghadirkan beberapa pemateri diantaranya Ketua RUDA (Rabhitah Ulama Dayah Aceh), Tgk. Nurdin Nur, Kabid Polmas (Politik dan Masyarakat) Kesbangpol Aceh Timur, Mahfudi, Kapolsek Peureulak Kota, AKP Simson Purba, dan Danramil Peureulak Kota, Kapten Inf. Nunu Rukmana dengan peserta undangan dari elemen Pemuda, Mahasiswa, Tokoh Masyarakat, Jajaran KPA Wilayah Peureulak, Ormas, LSM, dan beberapa Keuchik Gampong yang berada di Aceh Timur.

Tgk. Nurdin Nur dalam pemaparan materinya mengajak agar seluruh masyarakat untuk menjaga kedaulatan NKRI karena ini merupakan tanggung jawab seluruh warga negara Indonesia.

"Pada dasarnya rakyat Aceh setia kepada NKRI. Hal itu dibuktikan dengan berbagai upaya yang telah dilakukan di masa penjajahan dalam menjaga Kesatuan dan Persatuan NKRI. Tidak hanya itu, rakyat Aceh juga peduli untuk memajukan negara, salah satunya dengan menyumbang untuk membeli pesawat pertama Indonesia," katanya.

"Jangan kita lupakan sejarah bahwa rakyat Aceh peduli terhadap kedaulatan bangsa," demikian terang Tgk. Nurdin Nur.

Sementara itu, Danramil Peureulak Kota, Kapten Inf. Nunu Rukmana, mengajak masyarakat untuk merenungi kembali sejarah perjuangan kemedekaan Indonesia di masa tempo dulu, betapa pahitnya rakyat Indonesia berjuang mencari kemerdekaan dari mulai masa penjajahan Belanda sampai penjajahan bangsa Jepang.

"Berapa ribu pejuang kemerdekaan yang gugur demi satu kata yaitu kemerdekaan yang hakiki. Maka dengan ini, kita sebagai penerus bangsa, mari kita jaga kedualatan ini dan keutuhan wilayah NKRI yang kita cintai ini," ajak Danramil Peureulak Kota. | Rilis|

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.