Header Ads

Krisis Air, Lahan Persawahan Jadi Kebun Kacang

acehbaru.com | Aceh Utara - Akibat tidak adanya air irigasi, sebagian warga di Kec. Tanah Jambo Aye, Aceh Utara mulai membudidayakan tanaman kacang hijau di lahan yang awalnya merupakan lahan persawahan. Warga setempat menganggap daripada lahan sawah mereka terbengkalai karena tidak bisa bercocok tanam, lebih baik dimanfaatkan untuk tanaman lainnya.

"Iya, kami tanam kacang hijau karena tidak ada air irigasi disawah kami. Daripada lahan kosong, mending kita tanam kacang saja," kata Nursiah, (38) salah seorang petani kepada wartawan di Desa Tanjong Manuang, kecamatan setempat, Kamis 14 Mei 2015.

Sebagian lahan-lahan sawah mereka dikawasan desa tersebut sudah ditumbuhi tanaman kacang hijau. Penduduk dikawasan tersebut yang merupakan mayoritas petani sawah tidak ingin lahan mereka terbengkalai.

Sementara itu, Kepala Ranting Pengairan Cabang Pantonlabu, Dinas Pengairan Aceh Utara, Khairil Anwar mengatakan, beberapa waktu pihaknya sudah menginformasikan kepada masyarakat dikecamatan Tanah Jambo Aye, Seunuddon, dan Langkahan terkait persoalan tersebut.

"Sudah kami sampaikan kemarin. Air irigasi baru ada bulan tujuh nanti karena ada perbaikan irigasi yang rusak di Kecamatan Langkahan yang kemungkinannya membutuhkan waktu lama. Sekarang daripada lahan sawah terlantar, mending petani menanam kacang saja," Sebut Khairil. | AMI |

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.