Header Ads

Korban Tewas Akibat Gempa Nepal Bertambah Jadi 37 Orang

acehbaru.com | Khatmandu - Korban gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR) di Nepal bertambah. Informasi terakhir yang didapat sedikitnya saat ini korban tewas berjumlah 37 orang.


Dikutip Reuters, Selasa 12 Mei 2015 juru bicara kepolisian setempat, Kamal Sngh Bam mengatakan total korban tewas dalam gempa kedua ini mencapai 37 orang. Gempa terjadi pada saat siang hari.


"Sebanyak 37 orang tewas dan 1.066 orang mengalami luka-luka," ujarnya.


Ratusan bangunan, termasuk tempat ibadah umat Hindu dan Budha mengalami kerusakan parah. Pusat gempa kali ini ada di antara Kathmandu dan Pegunungan Everest.


Badan Survei Geologi AS (USGS) melaporkan pusat gempa ada di lokasi sejauh 63 kilometer dari kota Namche Baza, dekat Pegunungan Everest dan perbatasan Tibet. Gempa bumi terbaru ini dilaporkan terasa hingga ke Tibet, New Delhi di India dan Dhaka di Bangladesh.


Secara terpisah, otoritas India menyebut ada 5 korban tewas akibat gedung yang roboh saat gempa terjadi di Nepal. Sedangkan di Tibet, dilaporkan satu orang tewas tertimpa batu yang menimpa mobilnya, akibat gempa bumi di tersebut.


Reuters memberitakan sedikitnya 300 orang di beberapa wilayah Nepal mengalami luka-luka akibat gempa ini. Banyak gedung dan rumah warga yang roboh akibat gempa ini. Kebanyakan gedung-gedung di Nepal nyaris roboh akibat gempa 7,9 SR pada 25 April. Gempa kedua memperparah kondisi gedung-gedung yang hampir roboh tersebut.


Banyak warga Nepal masih berusaha memulihkan kehidupan mereka usai gempa 7,9 SR yang melanda pada 25 April lalu. Gempa itu tercatat sebagai gempa bumi terburuk dalam 80 tahun terakhir. Ratusan gedung, termasuk situs-situs kuno dan bersejarah di Nepal, hancur dan rusak. | Detik.com |

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.