Header Ads

Ini Rincian Imigran Rohingya dan Banglades Yang Terdampar Di Langsa

acehbaru.com | Langsa- 790 imigran etnis Rohingya dan Banglades yang terdampar di peraiaran Manyak Payed Aceh Tamiang dan kini telah didaratkan oleh nelayan Langsa masing –masing 420 orang imigran asal Banglades dan 370 orang Imigran asal Burma Myammar.


Rinciannya, 420 asal Banglades semuanya berjenis kelamin laki-laki, sementara Etnis Rohingya asal Burma (Myammar) Laki-laki 240 orang laki-laki, 70 orang perempuan, dan anak –anak 60 orang


Kapolres Kota Langsa, AKBP Sunarya Sik mengatakan sebanyak 790 imigran dua negara tersebut ditemukan pukul 18.00 Wib, Kamis 14 Mei 2015 oleh nelayan dari KM Pampus, mereka terapung dalam 3 tongkang kecil pada kordinat 05.07.000 098.24.000 atau 20 mil dari Desa Pusong Teulaga Tujuh Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa.


Melihat pemandangan itu, awak KM Pampus menghubungi nelayan lain dan polisi Air di Kuala langsa, dengan alasan kemanusiaan akhirnya 4 kapal motor lain, masing-masing KM Rahmad Baru, KM Hidup Baru, KM Putra Aceh, dan KM Superking dan PolAir Langsa berangkat menuju lokasi untuk melakukan evakuasi imigran tersebut.


Ke 790 imigran dua negara tersebut akhirnya berhasil didaratkan ke Kuala Langsa Pada pukul 05.00 Wib shubuh, Jumat 15 Mei 2015, dan kini ditampung ditempat penampungan sementara di pelabuhan Kuala Langsa, sejumlah warga berdatangan dan memberikan bantuan makanan untuk para imigran tersebut.


Keterangan para imigran tersebut, merweka sempat masuk peraiaran Malaysia, tapi otoritas keamanan disana mengusir kembali mereka kelaut lepas | IRA|

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.