Header Ads

Waspada, Suplemen Berlebih Bisa Memicu Kanker

acehbaru.com - Menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang penting untuk dilakukan. Selain dengan menjaga pola makan, pola tidur, dan menjalankan rutinitas olahraga, menjaga kesehatan juga bisa dibantu dengan asupan suplemen dengan kandungan nutrisi baik untuk tubuh.


Suplemen yang dimaksud dalam hal ini, adalah suplemen alami yang berasal dari sayur dan buah. Lalu, bagaimana dengan suplemen yang berbentuk obat-obatan?


Dikutip dari Foxnews, faktanya sebuah penelitian membuktikan bahwa konsumsi suplemen berbentuk obat dalam jumlah berlebihan, dapat memberikan risiko jauh dari kata sehat, malah timbulnya penyakit kanker.


Penelitan ini dilakukan sebagai bentuk peninjauan ulang terhadap penelitian dengan topik sama dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Sebagian besar penelitian menyatakan hal sama bahwa penggunaan obat suplemen dengan dosis berlebih, bisa meninggikan risiko kanker.


"Suplemen yang sudah terbukti sampai saat ini adalah suplemen vitamin E, Beta Carotene, dan Asam folat," ujar Dr. Tim Byers, dari Pusat Penelitian Kanker Colorado.


Kanker yang paling besar angka kasusnya dalam hal penggunaan suplemen obat ini adalah kanker payudara, yang secara tidak langsung menjelaskan bahwa penderitanya sebagian besar adalah wanita.


Hal ini dinilai masuk akal, karena wanita lah yang biasanya mengonsumsi suplemen-suplemen yang biasanya dibutuhkan untuk menjaga kecantikan, maupun menyehatkan kandungan.


Risiko yang disebabkan oleh penggunaan suplemen dosis tinggi ini, bisa mencapai angka 35 persen. Oleh karena itu, konsumsi suplemen berbentuk obat-obatan berlebih sebaiknya dibatasi.


"Sumber nutrisi terbaik yang tak bisa diganggu gugat, ialah dari sayur dan buah, bahan yang alami, yang tidak berisiko pada kesehatan kita," papar Tim. | Viva.co.id |

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.