Header Ads

Peringati Hari Bumi, Langsa Lakukan Pendataan dan Penelitian Sampah

acehbaru.com - Memperingati hari bumi kota Langsa lakukan kegiatan pembersihan dan penelitian sampah i lokasi Kawasan Eskosistem Mangrove Kuala Langsa. Minggu 12 April 2015. Kegiatan ini melibatkan 100 relawan lintas batas batas institusi.


Koordinator Kegiatan, Ratno Sugito mengatakan, kegiatan pendataan sampah ini merupakan bagian dari kegiatan peringatan Hari Bumi yang dilakukan Pemko Langsa dan lintas batas komunitas dan LSM yang ada di Kota Langsa.
Selain itu, kata Ratno, hasil dari pendataan sampah ini dapat menjadi bahan rujukan atau pertimbangan Pemko Langsa dalam mengambil kebijakan ke depan, terkait dengan pengelolaan Kawasan Ekosistem Mangrove.


Dikatakan, kegiatan kampanye bersama berbasis edukasi dan penelitian ini baru pertama sekali dilakukan di Langsa yang mendukung program Pemko menjadikan Kota Langsa sebagai kota hijau (green city).


Dari hasil pengutipan, para relawan berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 107 Kg dari kantong 33 yang dibagi dalam tiga katagori. “Katagori sampah industri, sampah harian, sampah laut, dan sampah obat-obatan,” kata Ratno.
Ratno mengatakan, hasilnya juga akan dibahas dalam seminar tentang pelestarian mangrove yang akan dilaksanakan di hari puncak peringati hari bumi pada 25 April 2015. “Kita berharap bisa melahirkan rekomendasi yang menjadi landasan kebijakan Pemko dalam melestarikan Kawasan Ekosistem Mangrove,” pungkas Ratno.


Sementara itu, Ketua Panitia Hari Bumi, Sayed Zahirsyah mengatakan, Pemko Langsa, Lembaga Pengelola Pesisir Meuseuraya (LP2M), dan lintas komunitas di Langsa sedang menyiapkan acara puncak peringati Hari Bumi 2015 dengan mengagendakan rencana kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya.


“Kami berharap semua pihak ikut mendukung suksesnya kegiatan ini, karena hajat ini adalah untuk kepentingan masyarakat di seluruh pantai timur Aceh,” pungkas Sayed Zahirsyah. | RILIS|

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.