Header Ads

Lagi, TKW Dieksekusi Pancung di Saudi

acehbaru.com - Setelah Siti Zainab dieksekusi pada Selasa pagi kemarin, maka Tenaga Kerja Indonesia (TKI) lainnya, Karni bin Medi Tarsim, juga dieksekusi pancung di Arab Saudi pada Kamis, 16 April 2015 pukul 10.00 waktu setempat.


Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal yang dihubungi VIVA.co.id hari ini membenarkan informasi tersebut.


"Sudah confirmed, Karni memang telah dihukum mati pada pagi tadi pukul 10.00 waktu setempat," kata Iqbal.


Dia menjelaskan eksekusi dilakukan di kota Yanbu sekitar 300 kilometer dari Provinsi Madinah. Sama seperti eksekusi Siti Zainab, Iqbal menjelaskan, Pemerintah Saudi juga absen menginformasikan kepada Pemerintah Indonesia mengenai pelaksanaan eksekusi mati terhadap Karni.


"Kami memang belum diinformasikan oleh Pemerintah Saudi, tetapi telah mengantisipasi jika eksekusi sewaktu-waktu dilakukan," kata dia.


Sebagai bentuk antisipasi, pejabat Kemlu telah tiba di kota kelahiran Karni di Brebes, Jawa Tengah. Menurut Iqbal, desakan publik agar Karni dieksekusi begitu tinggi.


Raja Saudi, ujar Iqbal telah berupaya menahan setiap kali ada surat yang ditulis oleh Presiden dari Indonesia. Sama seperti kasus Siti Zainab, Pemerintah RI telah mengawal kasus ini sejak lama.


Harian Saudi Gazzette melansir, pengadilan menjatuhkan vonis mati terhadap Karni di tahun 2013 lalu karena membunuh anak balita majikan yang diasuhnya. Kasus ini berbuntut panjang, karena ayah si balita panik ketika mendengar puterinya dibunuh. Alhasil, ketika berupaya menuju ke rumah dari tempat kerjanya, ayah si balita yang tengah mengendarai mobil menabrak dua pengendara lainnya hingga tewas.


Keluarga korban enggan memberikan pemaafan kepada Karni dan hanya menginginkan agar dia segera dieksekusi.


Iqbal mengatakan Pemerintah Indonesia akan kembali memanggil Duta Besar Kerajaan Saudi untuk RI, Mustafa Ibrahim Al-Mubarok dan menyampaikan protes yang lebih keras. Rencananya jasad Karni akan dimakamkan di Saudi dan Kemlu akan memfasilitasi keluarga jika ingin berziarah ke Saudi. | Viva.co.id |

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.