Header Ads

Ini Memori Lama Saddam Husein Pengakuan Dokter Pribadinya

acehbaru | London - Sisi lain kehidupan mantan diktator Irak, Saddam Hussein, diceritakan oleh dokter pribadinya selama dua dasawarsa terakhir, Ala Bashir. Saddam disebutnya menyukai lukisan surealis, terutama yang berkisah tentang kematian dan nasib. "Mungkin semua didasari pada pengalamannya tentang perang yang disaksikannya," katanya, saat diwawancarai Al Jazeera awal pekan ini.

Ia juga menyebut pria yang tewas di tiang gantungan ini sebagai seorang yang pandai. "Dia orang yang sangat, sangat pintar, sangat cerdas. Lepas dari pandangan banyak orang bahwa dia adalah seorang diktator yang brutal," katanya,

Bashir yang kini berusia 75 tahun dan tinggal di Inggris ini juga menanggapi penilaian orang bahwa Saddam adalah seorang yang sangat kejam. "Apakah dia seorang psikopat? Saya pikir sebagian besar orang yang berkuasa mungkin bersikap seperti dia," katanya.

Bahkan di Barat, katanya, jika kekuasaan ditempatkan di satu tangan saja maka akan sangat sulit bagi seorang individu untuk tidak menjadi lalim. Orang-orang, katanya, terlalu kejam menghakimi Saddam.

Saddam Hussain yang bernama lengkap Saddam Hussayn Aabdu-Al-Majid al-Tikriti adalah presiden Irak pada periode 16 Juli 1979 hingga 9 April 2003. Ia lahir di Al-Awja, Irak, 28 April 1937 dan meninggal di Kadhimiya, Irak, 30 Desember 2006 pada umur 69 tahun. Ia tertangkap oleh pasukan koalisi saat menginvasi Irak pada tahun 2003 dan dijatuhi hukuman mati.

Bashir menyatakan, ia tengah berada di Qatar pada awal 2003 ketika mendengar sekutu menginvasi Irak. "Saya memutuskan untuk kembali. Saya pikir saya harus melihat apa yang terjadi di negara saya," katanya.

Selama empat atau lima hari pertama, katanya, tentara AS menembak apapun yang bergerak di jalan. "Banyak orang yang tidak bersalah tewas. Aku sendiri melihat anak-anak dan perempuan dibunuh. Aku menguburkan mereka dengan tetanggaku," katanya.

Sejak invasi, penjarahan dan pencurian terjadi di setiap sudut kota. "Hukum dan ketertiban runtuh sudah," katanya.

Bashir melarikan diri dari Irak dua bulan setelah invasi pimpinan Amerika Serikat yang menggulingkan Saddam pada 2003. Ia bulan ini ini menggelar pameran bertajuk "Memories of Chairs" di Galery Hay Hill, London.

Biografi

Saddam Hussein Abd al-Majid al-Tikriti adalah Presiden Irak pada periode 16 Juli 1979 hingga 9 April 2003, ketika tertangkap oleh pasukan koalisi saat menginvasi Irak pada tahun 2003. Wikipedia
Lahir: 28 April 1937, Al-Awja, Irak
Meninggal: 30 Desember 2006, Kazimain, Irak
Anak: Uday Hussein, Raghad Hussein, Qusay Hussein, Rana Hussein, Hala Hussein
Pasangan: Samira Shahbandar (m. 1986–2006), Sajida Talfah (m. 1958–2006)
Buku: Tarian setan
Film: Long Days | Sumber  TEMPO.CO|Wikipedia|

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.