Header Ads

IAIN Cot Kala 'Bermimpi' Upayakan Pendidikan Murah Berkualitas

acehbaru.com | Langsa - Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Drs. H. Basri Ibrahim, MA mengatakan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa terus menguupayakan pendidikan berkualitas dengan biaya murah. Senin 6 April 2014


Pernyataan yang bisa dikatakan menyejukkkan kaum yang tidak berduit itu disampaikan saat menjadi pembina upacara di SMA Negeri 1 Langsa, Senin.


Menurut Basri Ibrahim pendidikan di IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa saat ini sudah sangat murah, malah lebih murah dari biaya sekolah Taman Kanak-kanak, karena adanya subisidi biaya pendidikan dan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu dan berprestasi.


“Bagi mahasiswa miskin, IAIN hanya mengutip biaya SPP sebesar Rp 400 Ribu per semester, dan tidak ada biaya lain-lain setelah itu, sedangkan biaya SPP tertinggi sebesar Rp 780 Ribu, jadi sangat terjangkau,” jelasnya.


Basri Ibrahim menjadi pembina dalam upacara bendera di SMA Negeri 1 Langsa dalam rangka silaturrahmi dan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru IAIN melalui SPAN PTKIN bagi siswa lulusan SMA berprestasi. Turut hadir dalam acara itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Hasan Basri, MA, Kepala Biro AUAK IAIN, Drs. Ibnu Sa’dan, M.Pd, Humas IAIN, Mulyadi Nurdin, Lc, MH, dan Kepala Teknologi Informasi dan Pangkalan Data, Rudi Iswadi, S.Sos.I.


Dalam kesempatan itu Basri menghimbau para siswa di Aceh memanfaatkan peluang yang ada dengan mendaftar melalui SPAN PTKIN secara online, karena prosesnya sangat mudah, siswa berprestasi hanya perlu rekomendasi kepala sekolah.


Perubahan status IAIN dari sebelumnya STAIN telah membuka kesempatan baru kepada calon mahasiswa untuk menimba ilmu, karena sudah tersedia empat Fakultas, yaitu: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Syariah, Fakultas Usuhuluddin Adab dan Dakwah, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.


IAIN Siapkan Bankir Islam


Sementara itu Kepala Biro AUAK IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Drs. Ibnu Sa’dan, M.Pd mengatakan bahwa kampus IAIN Langsa siap melahirkan Bankir dan Pebisnis Islam di Aceh. Hal itu diungkapkannya usai upacara bendera di SMA Negeri 1 Langsa, Senin (6/4/2015).


Menurut Ibnu Sa’dan, Aceh membutuhkan banyak bankir dan ekonom yang menguasai sistem perekonomian dan bisnis Islam, karena Aceh merupakan daerah yang menerapkan Syariat Islam, apalagi dengan banyaknya perbankan syariah dan lembaga keuangan syariah yang beroperasi di Serambi Mekah.


“Banyaknya lembaga keuangan syariah yang beroperasi di Aceh secara langsung membuka peluang kepada alumni fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam untuk bergabung di sektor tersebut,” ujar Ibnu Sa’dan.


Ia juga menambahkan bahwa dalam rangka menunjang kelancaran pendidikan dan lapangan kerja, jika perlu IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa akan melakukan kerjasama dengan lembaga keuangan syariah yang ada di Aceh.


“Kerjasama bisa dalam bentuk magang dan praktek mahasiswa, juga bisa dalam rangka rekrutmen alumni terbaik untuk dipekerjakan di lembaga keuangan syariah,” harapnya.


Dengan demikian lembaga keuangan syariah di Aceh tidak perlu mendatangkan tenaga kerja dari luar daerah untuk melakukan transaksi di Aceh, ia juga menghimbau supaya lembaga keuangan syariah yang membuka cabang di Aceh mengutamakan tenaga kerja lokal. | IRV| Rilis|

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.