Header Ads

Ini Dia Pemenang Lomba Peliputan tentang Keadilan Pangan

acehbaru.com | Jakarta -  Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia bersama OXFAM Indonesia sejak Oktober 2014 sampai Januari 2015 menyelenggarakan Grow Award 2015 atau lomba Peliputan Media tentang isu Keadilan Pangan, dari 147 karya, akhirnya terpilih 3 karya terbaik, untuk cetak, online dan foto. Rabu 18 Maret 2015


Ketiga karya dan penulis yang memenangkan lomba ini adalah Pemenang Terbaik kategori cetak/online:Sepotong Kisah dari Papua : Peladang Ulung dari Lereng Gunung, Kemakmuran Sagu, Mengubah Arah Kebijakan Pangan yang ditulis oleh Budi Suwarna, Aryo Wisanggeni, Josie Susilo, Wisnu Widiantoro


Muhammad Amin keluar sebagai juara Berpotensi kategori cetak/online dengan judul tulisan Inflasi Pangan "Negeri di Awan" dan pemenang kategori foto adalah Raditya Mahendra Yasa dengan judul foto Terdesak Pasar Modern


Dari 147 karya yang diterima panitia, masing-masing kategori cetak-online sebanyak 95 karya dan kategori foto sebanyak 52 karya. Para pemenang akan mendapat hadiah berupa kunjungan dan liputan keadilan pangan di Vietnam


Ketiga kategori pemenang telah dinilai dengan cermat oleh dewan juri dari para jurnalis senior dan perwakilan dari Oxfam. Untuk kategori cetak dan online, para juri terdiri dari : Harry Surjadi (SJCOOP), Renjani Puspo (Forbes), Tejo Wahyu Jatmiko (ADS), Dini Widiastuti (OXFAM) . Sedangkan untuk kategori foto, dewan juri adalah Arbain Rambey (Kompas), Rully Kesuma (Tempo), Ng Swan Ti (PannaFoto Institute), Cici Riesmasari (OXFAM).


Direktur Program Keadilan Ekonomi OXFAM di Indonesia, Dini Widiastuti mengatakan penganugerahan Grow Award 2015 ini merupakan bentuk upaya OXFAM untuk mengapresiasi dukungan dan keterlibatan media massa dan para jurnalis dalam mendorong isu keadilan pangan dalam ranah wacana publik di Indonesia.


Diharapkan juga bisa memberikan insentif bagi para jurnalis di tingkat nasional maupun lokal untuk terus mewartakan dan membangun kesadaran publik atas pentingnya isu keadilan pangan di Indonesia


Penganugerahan yang dilakukan di The Ice Palace lantai 4, Lotte Shopping Avenue - Jl. Prof. Dr. Satrio, kav 3-5, Jakarta Selatan turut diundang Menteri Pertanian, Amran Sulaiman dan dihadiri kurang lebih 100 undangan dari berbagai lembaga maupun media massa.


Ketua AJI Indonesia, Suwarjono berharap liputan media dapat menyebarkan informasi lebih luas lagi mengenai isu keadilan pangan serta melahirkan kebijakan yang berpihak pada kepentingan publik terutama terkait isu ini".


Bagi Lotte Shopping Avenue, kegiatan di atas merupakan kegiatan positif dan bergembira dapat mendukung penyelenggaraan Penganugerahan Peliputan Media Terbaik tentang Keadilan Pangan.


“Kami berharap kegiatan ini semakin membuka wawasan masyarakat terhadap isu-isu pangan yang berkembang dan disikapi dengan bijaksana setelah mendapatkan kebenarannya lewat media,” Tambah Anastasia Damastuti Senior Marketing Manager.


Sekedar diketahui keadilan pangan adalah sesuatu yang kita makan mencerminkan kepribadian kita sendiri (You are what you eat), pepatah lama ini menjadi refleksi bagi bangsa Indonesia di tengah ketergantungan impor pangan saat ini, seperti beras, garam, kedelai, buah-buahan, dll.


Sementara di sisi lain, produsen pangan lokal, khususnya petani kecil, tertatih-tatih dalam bercocok tanam sampai menjual hasil pangannya.


Informasi tentang pangan yang seimbang dan adil, ternyata masih minim di media massa. Isu keadilan pangan, masih menjadi isu minor di ruang redaksi banyak media cetak, elektronik maupun online.


Ada banyak sebab, mulai dari soal teknis keterbatasan halaman, kurangnya pemahaman keadilan pangan di kalangan jurnalis, minimnya informasi tentang pangan , sampai ketidakpedulian para jurnalis pada isu ini. | RILIS|

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.