Header Ads

Gara-gara Pasir Kucing, Amerika Diguncang Ledakan Nuklir 'Mini'

Sebuah ledakan nuklir mengejutkan Amerika di bulan Februari silam. Ironisnya, berdasarkan penelitian, ledakan itu diakibatkan oleh pasir yang biasa dipakai di kandang kucing.


Untungnya ledakan nuklir itu berasal dari beberapa drum penyimpanan limbah nuklir. Sehingga dampaknya tidak terlalu besar dan mematikan. Namun, tetap saja hal ini mencoreng citra pusat pengolahan limbah nuklir di New Mexico, tempat ledakan itu terjadi.


Setelah pemerintah melakukan penyelidikan, ditemukan penyebabnya, yaitu pasir kucing organik. Pasir kucing memang kerap dipakai sebagai media penyimpan limbah nuklir yang berbentuk cairan agar tidak mudah bocor.


Kesalahan bermula ketika secara tidak terduga kontraktor limbah nuklir New Mexico mengganti pasir kucing biasa dengan yang organik atau berbahan asal gandum.


Nah, pasir kucing organik itu ternyata dapat bereaksi dengan limbah nuklir yang tersisa dan menyebabkan ledakan itu.


"Garam nitrat, bahan organik, zat penetral ditemukan di drum penyimpanan limbah itu. Zat-zat itulah yang memicu reaksi kimia berbahaya limbah nuklir," tulis pengelola limbah nuklir New Mexico dalam laporan mereka.


Sampai saat ini, alasan mengapa kontraktor yang menyimpan limbah nuklir itu mengganti pasir kucing biasa ke organik, Gizmodo (27/03). | Merdeka.com |

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.