Header Ads

Petani di Seunuddon Kembali Semai Benih

acehbaru.com | Aceh Utara – Pasca banjir yang merendam ribuan hektar sawah di Kec. Seunuddon, Aceh Utara, beberapa waktu lalu, sejumlah petani kembali turun ke sawah guna melakukan penyemaian benih padi, Sabtu, 17 Januari 2015.



“Ini kedua kalinya. Sebelumnya kita telah menyemai benih padi, namun karena dihantam banjir, jadi terpaksa kita lakukan lagi,” kata Abdullah (52) warga desa Alue Barueh, kecamatan setempat.



Dikatakan, akibat banjir beberapa waktu lalu yang melanda kawasan tersebut banyak petani mengalami kerugian hingga mencapai puluhan juta.“Ya... mau gimana lagi. Mungkin ini teguran dari Allah agar kita memperbaiki kesalahan,” ungkapnya pasrah.



Kepala Badan Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Seunuddon, Darwis, beberapa waktu lalu menyebutkan, saat banjir sebanyak 2.700 hektar sawah yang baru saja ditaburi benih padi dan 1.800 hektar tambak sebagai tempat warga membudidayakan ikan dan udang terendam banjir. Akibatnya, petani tambak dan sawah mengalami kerugian hingga mencapai ratusan juta.



Darwis menuturkan, saat banjir merendam sawah dan tambak di kawasan ini, Kepala Dinas Pertanian Aceh Utara meninjau langsung lokasi sawah dan tambak tersebut.



Namun, hingga saat ini petani setempat mengaku belum ada sesuatu yang berarti dilakukan instansi terkait terhadap ribuan sawah dan tambak mereka pasca terendam banjir. Petani harus kembali memperbaiki petak tambak yang rusak serta melakukan penyemaian benih padi untuk kedua kalinya. | AMI |

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.