Header Ads

Artis Pengirim Surat Untuk Panglima GAM Ditangkap Narkoba

acehbaru.com  -Fariz Rustam Munaf alias Fariz R.M., 56 tahun yang berfrofesi sebagai komposer musik dan pernah hampir bermasalah karena ditemukan suratnya untuk panglima GAM Abdullah Syafii, Selasa 6 Fabruari 2014 ia ditangkap oleh kepolisian karena kepemilikan narkoba. Dia ditangkap tepat sehari setelah merayakan ulang tahunnya. "Sehari sebelumnya dia berulang tahun," kata Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan Ajun Komisaris Besar Hando Wibowo, Selasa, 6 Januari 2015. Dia ditangkap di rumahnya saat menggunakan narkoba seorang diri. "Dia sendiri. Tak bersama yang lain."

Diberitakan TEMPO.CO, Saat ditangkap, polisi mendapati ada beberapa paket narkoba seperti ganja dan heroin serta alat isapnya. "Kami temukan heroin di saku celananya," kata Hando. Menurut dia, Fariz mengakui kepemilikan barang haram itu. "Dia mengakui perbuatannya." Polisi sekarang sedang mendalami dari mana asal barang haram itu. Karena itu, beberapa saksi, termasuk istri Fariz, Oneng Diana Riyadini, akan diperiksa. "Kami akan berfokus kepemilikannya dulu," kata Hando.

Sebelumnya, Fariz pernah diketahui menggunakan narkoba pada tahun 2007. Dia sudah menjalani hukuman untuk kasus itu. "Namun dia belum ada catatan tertangkap di wilayah hukum Jakarta Selatan," kata Hando.



Atas kepemilikan barang haram itu, Fariz dikenakan pasal 111 terkait dengan kepemilikan ganja, pasal 112 terkait dengan kepemilikan heroin, dan pasal 114 terkait dengan penguasaan narkoba. "Ancaman hukumannya 4 tahun," kata Hando. Namun ada kemungkinan Fariz akan direhabilitasi jika dia diketahui sebagai pecandu. "Nanti tergantung pengadilan."



Surat Kepada Panglima GAM



Tahun 2001, nama Fariz malah muncul dalam pemberitaan karena suratnya yang ditujukan kepada Panglima Angkatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Teuku Abdullah Syafe'i. Surat itu ditemukan di dalam kamar tersangka peledakan bom di Asrama Yayasan Kesejahteraan Iskandar Muda, Guntur, Jakarta Selatan. Lantaran tidak ada indikasi keterlibatan Fariz, kasus ini tak dilanjutkan. Fariz R.M. juga sempat divonis pidana selama 8 bulan karena kasus narkoba pada tahun 2007. | LIA | SUMBER TEMPO.CO|

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.