Header Ads

Sinyal Ponsel Penumpang Air Asia Terdeteksi

acehbaru.com | Jakarta - Polisi mengungkapkan temuannya, ada sinyal telepon seluler aktif yang diduga milik penumpang pesawat Air Asia bernomor penerbangan QZ8501. Temuan ini didapat setelah tim pencarian di lapangan berkoordinasi dengan tim informasi teknologi untuk melacak sinyal telepon genggam milik penumpang Air Asia melalui base transceiver station.



“Hasil analisis IT kami menemukan ada sinyal yang tertangkap, koordinatnya di sebelah barat Kalimantan,” kata Kapolri Jenderal Polisi Sutarman di Jakarta, Selasa, 30 Desember 2014. (Baca: Kronologi Penemuan Puing yang Diduga Air Asia)



Sinyal tersebut, menurut Sutarman, kemungkinan dari ponsel milik penumpang Air Asia yang lupa untuk dimatikan saat pesawat akan lepas landas. "Penumpang kadang lupa matikan HP (handphone). Saat pesawat terbang, terlepas dari BTS, sinyalnya hilang. Lalu ketika tersambung lagi dengan BTS, sinyal muncul lagi," kata Sutarman. (Baca:Air Asia, Dimana Lokasi Persis Penemuan Delapan Jenazah?)



Begitu menangkap sinyal salah satu nomor telepon genggam penumpang, kata Sutarman, Polri langsung mengerahkan kapal untuk pencarian ke titik koordinat sinyal itu terdeteksi. “Saya tidak tahu apakah ketemu puing-puingnya di ujung Kalimantan. Kami belum tahu persis," ujar Sutarman. (Baca: Puing Diduga Air Asia Ditemukan Nelayan Bangka)



Hari ini, tim SAR gabungan menemukan puing dan jenazah yang diduga berasal dari pesawat Air Asia QZ8501 yang hilang kontak sejak Ahad. Puing dan jenazah itu ditemukan mengambang di perairan dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Selasa siang. | IRV | Sumber Tempo|

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.