Header Ads

Rapor Permainan Timnas Indonesia Usai Tahan Vietnam 2-2

Tim nasional Indonesia berhasil mencuri satu poin dari tangan  Vietnam pada laga perdana Grup A Piala AFF 2014 hari Sabtu, 22 November 2014. Bagaimana rapor permainan anak-anak Garuda saat hadapi tuan rumah.



Dalam laga di Stadion My Dinh, Indonesia sempat tertinggal dua kali. Que Ngoc Hai (menit 11) dan Le Cong Vinh (68') sempat membuat Vietnam unggul, namun Indonesia bisa membalas lewat Zulham Zamrun (33') dan Samsul Arif (84').

Sejumlah pemain tampil cukup memuaskan namun ada juga yang tampil mengecewakan. Berikut rapor permainan timnas Indonesia, versi VIVAbola usai menahan Vietnam 2-2.

Kurnia Meiga: 6
Penampilan kiper Arema Cronus ini dalam laga melawan Vietnam bisa dibilang 50-50. Sempat membuat beberapa penyelamatan gemilang namun juga sempat buat antisipasi yang ceroboh. Kuat dalam memotong bola-bola silang lawan.

Zulkifli Syukur: 5,5
Menunjukan kecepatan dan kematangannya dalam bertahan. Pemain Vietnam pun sempat kesulitan menembus sisi kanan pertahanan Indonesia. Tapi, gol kedua Vietnam akibat salah antisipasi Zulkifli berupaya hentikan pergerakan Nguyen Van Quyet.

Achmad Jufriyanto: 5
Salah satu titik lemah di lini belakang Indonesia. Beberapa kali pemain yang akrab disapa Jupe ini gagal menghentikan pergerakan lawan. Terlalu fokus melihat bola sehingga sering kecolongan pergerakan tanpa bola pemain Vietnam.

Muhammad Roby: 6,5
Sering menjadi pemain terakhir melapis pertahanan Indonesia. Kesalahan pemain lain berhasil digagalkan menjadi gol berkat kelugasannya. Namun, masih lemah dalam antisipasi umpan silang.

Rizky Rizaldy Pora: 5,5
Sempat kesulitan di babak pertama, namun penampilan bek debutan ini lalu membaik di paruh kedua. Lebih solid dalam menjaga pertahanan dan berani dalam bantu serangan.

Manahati Lestusen: 5
Bermain jauh dari ekspektasi. Diplot sebagai gelandang bertahan, Manahati sering off position. Kerap berdiri terlalu jauh dari lini belakang sehingga bola mudah dikuasai oleh pemain tengah lawan. Diganti pada menit 76.

Raphael Maitimo: 6
Menunjukan ketenangan sebagai duet Manahati. Keunggulan postur juga memberikan keuntungan untuk Maitimo. Secara keseluruhan, pemain naturalisasi ini tampil cukup lumayan.

Zulham Zamrun: 7

Kembali menunjukan permainan eksplosifnya. Berhasil mencetak gol karena cerdik melihat kelengahan pemain belakang lawan. Tidak limbung meski berstatus pemain baru di timnas.

Boaz Solossa: 5

Kembalinya Boaz ke pentas Piala AFF tidak dibarengi dengan penampilan yang memuaskan. Kapten Persipura Jayapura ini tampak kurang cepat dan tidak mampu jadi playmaker permainan. 'Boci' seperti belum nyetel betul dengan tim sehingga digantikan Samsul Arif menit ke-61.

Muhammad Ridwan: 6
Meski berstatus pemain gaek, M. Ridwan berhasil tampil cukup baik. Kecepatannya memang sudah tidak seperti empat tahun lalu, namun kontrol bola dan positioning jadi kelebihan gelandang sayap ini.

Sergio van Dijk: 5,5

Diplot sebagai ujung tombak, Van Dijk tampil cukup bagus. Kuat dalam menjaga bola dan unggul dalam duel udara. Sayang, ketajamannya tidak terlihat sama sekali. Malah ia sempat melakukan blunder yang berbuah gol pertama Vietnam.

Pemain Pengganti:


Firman Utina: 6
Dimasukan tak lama setelah Vietnam mencetak gol keduanya. Menggantikan Manahati, Firman mampu lebih menjaga tempo permainan timnas. Umpan-umpan matangnya pun berbuah beberapa peluang.

Samsul Arif: 6,5

Sukses menjadi super-sub bagi Indonesia. Masuk menggantikan Boaz, Samsul berhasil cetak gol di menit ke-84. Tendangan mendatarnya dari dalam kotak penalti gagal diantisipasi dengan sempurna oleh kiper Vietnam. Penyerang lincah ini sukses jadi pahlawan.

Imanuel Wanggai: -

Masuk menit ke-88 menggantikan Zulham Zamrun. Terlalu sebentar bermain sehingga tidak bisa dapat penilaian. | AMI | Viva |

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.