Header Ads

Gunung Paro Sudah Dapat Dilintasi

acehbaru.com | Banda Aceh - Lumpuhnya lalu lintas Banda Aceh - Meulaboh akibat hujan lebat yang mengakibatkan lonsor dilintasan Gunung Paro mulai kemarin sore sudah dapat dilintasi kendaraan.  Selasa 4 November 2014.

Dikutip dari acehkita.co jalur lintas barat yang sempat lumpuh total setelah ruas jalan tertimbun material longsor dan badan jalan amblas ke jurang akibat hujan deras yang mengguyur kawasan itu, Jumat 1 November 2014 malam.  Setelah dilakukan pembersihan dengan menggunakan alat berat jalur tersebut mulai dapat digunakan.

Namun pengguna jalan harus ektra hati-hati, karena badan jalan  licin  dan sejumlah titik  dianggap masih rawan lonsor bila hujan mengguyur kawasan itu.

acehkita.co juga merilis  hujan deras yang terjadi Sabtu hingga Senin (1-3/11/2014) menyebabkan 1.863 unit rumah di Aceh Jaya terendam banjir sepanjang.  "Banjir setinggi 75 sentimeter hingga 2,5 meter," ujar Sutopo Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Senin (3/11/2014).

Rumah- rumah yang terendam banjir tersebut tersebar di Kecamatan Jaya, Kecamatan Indra Jaya, Kecamatan Sampoiniet, Kecamatan Setia Bakti, dan Darul Hikmah.

Akibat banjir, warga terpaksa mengungsi. Mereka tersebar di Kecamatan Jaya (sebanyak 545 jiwa), Indra Jaya (825 jiwa), Sampoiniet (2.818 jiwa), Setia Bakti (151 jiwa), dan Kecamatan Darul Hikmah 51 jiwa pengungsi.

"Lima unit rumah terkena longsor di Kecamatan Jaya," lanjut Sutopo, sembari menambahkan di Kecamatan Sampoiniet terdapat tujuh titik longsor dan satu titik di Kecamatan Indra Jaya.

Selain Aceh Jaya, banjir juga melanda Aceh Besar, Aceh Barat, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, dan Banda Aceh. Di Aceh Barat Daya, sebut Sutopo, terdapat 8.000 rumah terendam banjir dan 10.000 unit di Aceh Besar. "Terendam 2,5 meter," kata dia. | IRA | sumber Acehkita.co

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.