pemerintah aceh
/ Aceh / Jumlah IP:0, Sistem SIA Unimal Buat Panik Mahasiswa

Jumlah IP:0, Sistem SIA Unimal Buat Panik Mahasiswa

Poral SIA Unimal
Redaksi on 22 Agustus 2013 - 18.11 in Aceh, Aceh Utara, Kampus, Lhokseumawe, Pendidikan

acehbaru.com | Lhokseumawe – Akibat aplikasi portal akademik Universitas Malikussaleh yang berfungsi sebagai alat bantu penyedia/penyaji informasi berupa interface publik yang menjembatani mahasiswa dengan aplikasi Sistem Informasi Akademik di seluruh program studi, belum (mampu) berhasil disetting sehingga pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) ribuan mahasiswa dari berbagai jurusan kampus itu terkendala. Kamis, 22 Agustus 2013.

Umumnya keluhan mahasiswa soal system informasi akademik (SIA) Unimal, baik IP semester ini:0, jumlah SKS yang bisa diambil juga tidak jelas, disamping tawaran mata kuliah juga tidak sesuai.

Maulana Hamid, mahasiswa dianatara puluhan mahasiswa yang berkomentar di laman diskusi web itu mempertanyakan kenapa jumlah SKS maksimum yang keluar disistem SIA berjumlah 0 SKS.

“kenapa maksimum SKS saya 0 & IP semester tdk tertera. krn itu saya tdk bsa mengisi KRS. mohon bantuannya” Kata Maulana.

Muhammad Rizki juga mengeluh hal yang sama akibat ketidak mampuan TI Unimal untuk menyelesaikan aplikasi itu sejak tahun lalu. “kenapa saya cuma bisa mengambil 12 SKS padahal sebenarnya saya saya dapat mengambil 21 SKS dan IP semester tidak tertera pada kartu hasil studi? Mohon solusinya untuk masalah saya seperti ini” Kata Mahasiswa itu.

Tidak hanya mahasiswa regular, Deasy Nilamsari salah satu mahasiswa non regular juga mengeluh atas penyajian informasi yang tidak akurat dari system aplikasi itu.

“Saya mau bertanya, mengapa Jadwal mata kuliah untuk pengisian KRS untuk mahasiswa Manajemen NR belum tersedia? Padahal batas akhir pengesian KRS sampai tanggal 23 Agustus 2013 ini. Bagaimana ini pak? Mohon di cek Jadwal mata kuliah Mahasiswa Manajemen NR agar kami bisa mengisi KRS online” Tulis mahasiswa itu dalam kolom diskusi.

Maulizar, mahasiswa prodi IAN juga mempertanyakan kenapa Prodi IAN tidak bisa isi KRS sampai saat ini, “mohon pak turun tangannya dalam masalah ini agar tidak berlarut-larut dan tidak mengganggu aktivitas akademik dalam minggu ini….” Kata dia.

Sementara Rizal, S Si M IT, salah satu dosen di Unimal menyarankan agar mahasiswa mencoba datang ke Jurusan untuk minta operator jurusan/prodi yang mengisi KRSnya ke aplikasi SIA. Namun dibantah oleh mahasiswa asal Medan, Sumatera Utara.

“Maaf sebelumnya pak. Saya tinggal dimedan pak jadi tidak bisa ke jurusan untuk minta isikan KRSnya. Bagaimana pak” Minta solusi mahasiswa itu.

Dari fungsi aplikasi system pengisian KRS online itu, menurut mahasiswa untuk mempermudah mahasiswa dalam pengisian KRS dan mendapatkan seluruh informasi akademik yang akurat, bisa diakses dari manapun melalui jaringan internet.

Namun tujuan itu belum berhasil diciptakan oleh rektorat Universitas Malikussaleh. Akibatnya, banyak mahasiswa yang tidak bisa mengisi KRS.

Admin portal aplikasi tersebut, 13 Februari 2013, lalu menyebutkan terkait dengan pertanyaan beberapa mahasiswa dan dosen PA juga mengenai masalah registrasi KRS Online yang bermasalah, mereka menjelaskan:

1. Tidak Bisa Isi KRS karena bukan Jadwal KRS Jawaban => Hal ini karena sedang dilakukan perubahan tahun semester berjalan ke semester lain, untuk keperluan proses update data yang masih belum masuk ke Semester Ganjil dan Semester Pendek TA 2012/13. Solusinya adalah menunggu perubahan semester kembali ke semester aktif, biasanya proses ini tidak berlangsung lama.

2. Tidak bisa ambil MK tertentu, padahal sudah memenuhi syarat untuk MK tersebut. Jawaban => Jika hal ini terjadi, maka silahkan datang ke operator di jurusan/prodi masing-masing untuk meminta dilakukan perbaikan penyetaraan MK yang bermasalah tersebut.

3. Tidak bisa mengakses/login ke Portal Akademik. Jawaban => Hal ini disebabkan proses maintenance/relokasi server SIA ke server yang baru, untuk meningkatkan performa sistem dalam menangani user.

Sedangkan jika masih ada persoalan lain yang belum terjawab, mereka menyarankan kepada mahasiswa untuk bergabung ke grup Civitas Akademika Unimal di facebook untuk sharing informasi atau pertanyaan terkait dengan penggunaan Portal AKademik UNIMAL” tulis mereka.

Seperti yang ditulis diportal itu, informasi seputar jadwal registrasi yaitu, pengisian KRS: 15 Mei s/d 23 Agustus 2013, dan perbaikan KRS: dimulai 9 s/d 11 September 2013. Mereka berharap agar jadwal tersebut dipatuhi untuk kenyamanan bekerja para staf akademik di masing-masing fakultas, “dan terlaksananya rencana akademik sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan” Tulis mereka dalam Jadwal Registrasi KRS Online TA 2013/2014, seraya berterima kasih. [IHA|ISB]

1 POST COMMENT

Tinggalkan Balasan

1 Comments
  • 21 Februari 2014

    Beragam cerita dalam meraih gelar serjana,,,,
    ada seorang mahasiswa jurusan ak,fak ekonomi,,,dr kluarga menengah kebawah,,
    yang takpernah sampai dlm meraih serjana,,,semuanya disebabkan krn faktor ekonomi,,,awal dr thn 2007,,,smstr kedua,,dmi bs melanjutkan kuliah,,dia trpaksa,,mngrjakan apapun itu,sampai pkrjaan yg dlrangpun dlakukan dmi bs mlnjutkan kuliah dr smster ke semester,,memang bgt malang nasibnya, knp tdk,,shri jd kurir Ganja,,smua ini dlakukan krna trpksa,,insya allah dia bs kuliah sampai menyusun skripsi,,tp nasib malang menydihkan,,,br hampir srjna,,terhenti mewujudkan apa yg di impikan nya,,,hanya sampa menyusun skripsi,,,dia putus kuliah krna faktor ekonomi,,,memang dia takpernah mencrtakan ltr blkang nya,,.Semasa dia masih kuliah,,,bukan karna malu,,,tapi krna tkot dimanjakan,,,oleh orang2 yg bjaksana,,,,namun walaupun bgtu,,,hanya pd yg diataslah dia brsrah diri,,krna itlah solusi yg tepat dlam kehidupan,,,,walaupun berharap banyak,,akan S1 ,,,inilah kisah mahasiswa unimal lhokseumawe,,Fak Ekonomi, jurusan akuntansi anktan 2007,,,,

    Azhari
    Balas